Rabu, 11 April 2012

RPP IPA KELAS 5 SD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                       MATA PELAJARAN      : IPA
                                       KELAS / SEMESTER     : V / II
                                       ALOKASI WAKTU        : 4 X 35 menit (2 Pertemuan)

STANDAR KOMPETENSI   :
      5.   Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi serta fungsinya.

KOMPETENSI DASAR        :
5.1 Mendeskripsikan antara gaya, gerak, dan energi melalui percobaan
1.2   cara tumbuhan hijau membuat makanan
INDIKATOR
-          Mengelompokan benda-benda yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis
-          Memberikan contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari
 


I.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah selesai melaksanakan pembelajaran siswa dapat :
  1. Menceritakan istilah magnet bersal dari kata magnesia
  2. Mengelompokkan istilah magnet berasal dari kata magnetis dan yang tidak magnetis
  3. Memberikan contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari

II.   Materi Ajar
-          Istilah magnet berasal dari kata magnesia yaitu nama sebuah daerah kecil di Asia
-          Magnet menarik benda-benda yang yang terbuat dari logam         besi, nekel, atau kobalt. Dinamakan benda magnetis
-          Kekuatan gaya tarik magnet dengan benda magnetis dan jarak magnet yang paling kuat terletak dibagian kutupnya

III. METODE PEMBELAJARAN
1.      Pengamatan/observasi
2.      Diskusi
3.      Tugas

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I
A.      Kegiatan Awal (5 menit)
Memotivasi siswa dengan menunjukkan beberapa magnet dan benda lain yang bukan magnet

B.      Kegiatan Inti (40 menit)
1         Siswa membaca buku tentang gaya, gaya magnet
2         Menyimpulkan benda yang dapat ditarik maupun yang tidak
3         Membuat kelompok, tiap kelompok diberi LKS 1 dan mengamati benda-benda tadi lalu menulis di kolom
4         Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru menulis butir-butir penting

C.      Kegiatan Akhir (25 menit)
1.      Mengadakan evaluasi
2.      Siswa diberi tugas tentang benda magnetis




Pertemuan 2
A.   Kegiatan Awal (10 menit)
Mengingat pelajaran magnet dan mengadakan tanya jawab, menunjukkan benda-benda disekitar

B.      Kegiatan Inti (40 menit)
1.      Meminta siswa membaca buku tentang kekuatan gaya magnet
2.      Siswa duduk berkelompok sesuai kelompoknya dan menyiapkan alat yang diperlukan
3.      Guru membagi LKS 2, membimbing dan memfasilitasinya
4.      Mengkomonikasikan dan menyimpulkan hasil pekerjaan

C.   Kegiatan Akhir (20 menit)
1.      Mengadakan evaluasi
2.      Siswa diberi tugas tentang benda magnetis

V.   SUMBER / ALAT
1.   Alat :  magnet, paku, jarum, lidi, pencil dsb

VI.  PENILAIAN
Tertulis
Lisan
Proyek



















Pertemuan 1

Isilah
1.      Magnet dapat menarik benda-benda yang terbuat dari .....
2.      Istilah magnet berasal dari kata .....
3.      Gaya yang ditimnulkan oleh tarikan magnet disebut .....
4.      Berdasarkan asal usulnya, magnet dibedakan menjadi dua jenis yaitu .....
5.      Benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet disebut .....

Kunci
1.      Logam
2.      Magnesia
3.      Gaya magnet
4.      Magnet alam dan magnet buatan
5.      Magnesia


LKS 1
Benda yang dapat ditarik magnet dan tidak
No
Nama benda
Bahan benda
Keadaan benda terhadap magnet
Dapat ditarik
Tidak dapat ditarik
1
2
3
4
5
6
Jarum
Kawat tembaga
Sendok stanlais
Buku
Pencil
.....



Kesimpulan :


Kunci
No
Nama benda
Bahan benda
Keadaan benda terhadap magnet
Dapat ditarik
Tidak dapat ditarik
1
2
3
4
5
6
Jarum
Kawat tembaga
Sendok stanlais
Buku
Pencil
…..
Besi
Tembaga
Stanlais
Kayu
Kayu
…..


Kesimpulan :

Pertemuan 2

Isilah !
1.      Permukaan benda yang kasar akan memperbesar gaya …..
2.      Magnet yang dibuat dengan cara aliran listrik disebut .....
3.      Logam yang digunakan untuk membuat magnet adalah ..... dan .....
4.      Magnet memiliki dua kutub yaitu ..... dan .....
5.      Dua kutub magnet yang senama akan ..... dan dua kutub magnet yang tidak senama akan ....



Kunci
1.      Gesek
2.      Elektromagnet
3.      Besi dan baja
4.      Utara dan selatan
5.      Tolak menolak-tarik menarik


Format Penilaian Sikap
No
Aspek penilaian
Skor yang mungkin dinilai
Skor penilaian
1
2
3
4

Kecepatan kelompok
Ketepatan bahan
Kerja sama
Kecepatan membuat kesimpulan
0-20
0-20
0-20
0-40


Nilai ==






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                       MATA PELAJARAN      : IPA
                                       KELAS / SEMESTER     : V / II
                                       ALOKASI WAKTU        : 2 X 35 menit (2 Pertemuan)

STANDAR KOMPETENSI              :
      5.   Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi serta fungsinya.

KOMPETENSI DASAR                  :
5.1 Mendeskripsikan antara gaya, gerak, dan energi melalui percobaan
1.3   cara tumbuhan hijau membuat makanan
INDIKATOR
-     Dapat membuat magnet sendiri
-     Membandingkan kecepatan jauh dari dua benda
-     membandingkan gerak benda pada permulaan yang berbeda (kasar dan yang halus)
 


I.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah selesai melaksanakan pembelajaran siswa dapat :
  1. Dapat membuat magnet sendiri
  2. Membandingkan kecepatan jauh dari dua benda
  3. Menjelaskan cara pembuatan magnet
  4. Membandingkan gerak benda pada permukaan yang berbeda

II.   Materi Ajar
-          Magnet memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan
-          Dua kutub magnet yang senama akan tolak menolak. Dua kutub magnet yang tidak senama akan tarik menarik
-          Magnet digunakan berbagai macam peralatan mulai yang sederhana sampai yang rumit
-          Ada tiga cara perbuatan magnet yaitu cara induksi, gosokan dan alirkan listrik
-          Gerak jatuh benda dipengaruhi oleh gaya gravitasi dan gaya gsekan antara benda tersebut dengan udara

III. METODE PEMBELAJARAN
1.      Diskusi
2.      Tanya jawab
3.      Pemberian tugas

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan I

A.      Kegiatan Awal (5 menit)
Mengadakan tanya jawab tentang magnet

B.      Kegiatan Inti (40 menit)
1.      Siswa membaca buku siswa tentang gaya gravitasi dan gaya inti
2.      Mengamati benda yang ada disekitar dengan mempraktekan gaya gesk, gravitasi
3.      Mendiskusikan hasil percobaan tadi dalam LKS
4.      Membuat kesimpulan

C.      Kegiatan Akhir (25 menit)
1.      Mengadakan evaluasi
2.      Menulis tugas membuat data tentang magnet

Pertemuan 2
A.      Kegiatan Awal
Mengadakan tanya jawab


B.      Kegiatan Inti
1.      Menceritakan pengalaman tentang magnet, gaya gravitasi dan gaya gesek
2.      Mengamati dan mencoba membuat gaya gesekan dan gaya gravitasi
3.      Berdiskusi bersama kelompok dari soal
4.      Membuat kesimpulan

C.      Kegiatan Akhir (25 menit)
1.      Mengadakan evaluasi
2.      Siswa diberi tugas menulis data tentang gaya gesek dan gaya magnet.

V    SUMBER / ALAT
1. Sumber : Buku IPA Kelas V
2. Alat : Batu, sepatu dan benda disekitar

VI.  PENILAIAN
Tes lisan
Tes proyek
Tes tulis












Pertemuan 1
Isilah
1.      Selain magnet alam juga magnet .....

RPP PKN KELAS 6 SD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah     : Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran     : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                     : VI (Enam)
Semester              : I (Satu)

Bab 1

Standar Kompetensi
Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

Indikator
1.     Mendeskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan.
2.     Menjelaskan proses perjuangan meraih kemerdekaan.
3.     Menyebutkan macam-macam perlawanan di daerah pada masa penjajahan.
4.     Menceritakan arti dan nilai Kebangkitan Nasional.
5.     Menceritakan arti dan nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda.

Alokasi Waktu                     :               2 x 35 menit (1 pertemuan).

A.       Tujuan Pembelajaran
1.       Siswa mampu mendeskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan.
2.       Siswa mampu menjelaskan proses perjuangan meraih kemerdekaan.
3.       Siswa mampu menyebutkan macam-macam perlawanan di daerah pada masa penjajahan.
4.       Siswa mampu menceritakan arti dan nilai Kebangkitan Nasional.
5.       Siswa mampu menceritakan arti dan nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda.

B.       Materi Ajar
1.       Indonesia dijajah oleh bangsa asing.
2.       Kebangkitan Nasional.
3.       Sumpah Pemuda.

C.       Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan kontekstual.
2.       Pendekatan Cooperatif Learning.
3.       Diskusi dengan teman sebangku.
4.       Tanya jawab.
5.       Penugasan.

D.       Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama
1.       Kegiatan Awal
a.       Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b.       Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan selama liburan.
c.        Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang nama dan asal pahlawan Indonesia.

2.       Kegiatan Inti
a.       Semua siswa diminta menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai Indonesia dijajah oleh bangsa asing.
b.       Bertanya jawab mengenai suasana pada masa penjajahan.
c.        Bertanya jawab mengenai bangsa apa yang pertama kali datang dan menjajah Indonesia.
d.       Guru menunjukkan foto/gambar para pahlawan daerah dan menanyakan nama dan asalnya.
e.       Guru menjelaskan mengapa timbul perlawanan rakyat di berbagai wilayah.
f.         Guru bertanya mengapa perlawanan di berbagai wilayah selalu dapat ditindas.
g.       Bersama pasangan, siswa ditugaskan mendeskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan.
h.       Membaca secara bergantian mengenai Kebangkitan Nasional.
i.         Berdiskusi mengenai mengapa timbul kesadaran berbangsa.
j.         Guru menjelaskan asal-usul Hari Kebangkitan Nasional.
k.        Guru bertanya mengenai nilai-nilai Hari Kebangkitan Nasional pada masa kini.
l.         Melanjutkan membaca teks mengenai Sumpah Pemuda.
m.     Menjelaskan kepada siswa mengapa timbul Sumpah Pemuda.
n.       Bersama-sama mengucapkan sumpah pemuda dengan baik dan sungguh-sungguh.
o.       Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan isi dan maksud Sumpah Pemuda.
p.       Untuk pengayaan dan untuk mengukur ketercapaian kompetensi, siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal yang ada di dalam buku kerja/buku paket PKn yaitu halaman 4.

3.       Kegiatan Penutup
a.       Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
b.       Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
c.        Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E.       Sumber/Bahan Belajar
1.       Gambar/foto para pahlawan.
2.       Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 1, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng M.Pd.) hal. 1-3, 3-4.
3.       Surat Kabar, dst.

F.        Penilaian
Teknik                                    :               Tugas individu.
Bentuk instrumen                :               Penilaian lisan, penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita).
Contoh instrumen               :
1.       Menceritakan mengapa Indonesia dapat dijajah selama ratusan tahun oleh bangsa asing.
2.       Menjelaskan nilai yang terkandung pada Sumpah Pemuda untuk diterapkan pada masa sekarang ini.



Mengetahui,                                                                       __________, ___________________

Kepala Sekolah                                                                           Guru Mata Pelajaran PKn



____________________                                                         ____________________
NIP.                                                                                                NIP.





















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah     : Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran     : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                     : VI (Enam)
Semester              : I (Satu)

Bab 1

Standar Kompetensi
Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

Kompetensi Dasar
Menceritakan secara singkat nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

Indikator
1.       Menceritakan nilai kebersamaan dalam proses Perumusan Pancasila.
2.       Menyebutkan isi perumusan Negara RI.
3.       Menyebutkan isi Piagam Jakarta.
4.       Menyebutkan isi Pancasila dengan baik dan tepat.
5.       Memahami nilai tiap butir Pancasila.

Alokasi Waktu                                     :               4 x 35 menit (2 pertemuan).

A.       Tujuan Pembelajaran
1.       Siswa mampu menceritakan nilai kebersamaan dalam proses Perumusan Pancasila.
2.       Siswa mampu menyebutkan isi perumusan Negara RI.
3.       Siswa mampu menyebutkan isi Piagam Jakarta.
4.       Siswa mampu menyebutkan isi Pancasila dengan baik dan tepat.
5.       Siswa mampu memahami nilai tiap butir Pancasila.

B.       Materi Ajar
1.       Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
2.       Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
3.       Perumusan Dasar Negara RI.
4.       Panitia Sembilan.
5.       Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
6.       Rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.

C.       Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan kontekstual.
2.       Pendekatan Cooperatif Learning.
3.       Diskusi kelas.
4.       Tanya jawab.
5.       Penugasan.

D.       Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua
1.       Kegiatan Awal
a.       Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b.       Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan setelah pulang dari sekolah.
c.        Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang isi dan makna Sumpah Pemuda yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.

2.       Kegiatan Inti
a.       Semua siswa diminta menyimak teks yang dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai ”Persiapan Kemerdekaan Indonesia”.
b.       Bertanya jawab tentang gambaran keadaan bangsa Indonesia pada masa penjajahan Jepang.
c.        Melanjutkan membaca teks tentang BPUPKI secara bergiliran.
d.       Bertanya jawab tetang tujuan dibentuknya BPUPKI.
e.       Melanjutkan membaca teks tentang Perumusan Dasar Negara RI.
f.         Guru bertanya calon rumusan siapakah yang paling mendekati dengan isi Dasar Negara Pancasila.
g.       Melanjutkan membaca teks mengenai Panitia Sembilan secara bergiliran.
h.       Guru menjelaskan hasil kerja Panitia Sembilan.
i.         Membaca teks mengenai Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
j.         Dilanjutkan dengan membaca Rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.
k.        Menyebutkan bersama-sama rumusan Pancasila yang disahkan.
l.         Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan nilai yang terkandung pada setiap butir Pancasila.
m.     Membaca kemudian menjelaskan dengan kata-kata sendiri mengenai makna lambang Garuda Pancasila.
n.       Menyanyikan lagu Gaaruda Pancasila dengan semangat dan sikap sempurna.
o.       Untuk pengayaan dan untuk mengukur ketercapaian kompetensi, siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal yang ada di dalam buku kerja/buku paket PKn yaitu halaman 10.

3.       Kegiatan Penutup
a.       Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
b.       Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
c.        Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

E. Sumber/Bahan Belajar
4.       Gambar/foto Garuda Pancasila.
5.       Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 1, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng M.Pd.) hal. 4-7, 7-11.
6.       Buku referensi lain.
7.       Surat Kabar, dst.

F. Penilaian
Teknik                                    :               tugas individu.
Bentuk instrumen                :               penilaian lisan, penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita).
Contoh instrumen               :               Menjelaskan mengapa terjadi perubahan dalam rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.


Mengetahui,                                                                       __________, ___________________

Kepala Sekolah                                                                           Guru Mata Pelajaran PKn



____________________                                                         ____________________
NIP.                                                                                                NIP.



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                     : Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran                     : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                                     : VI (Enam)
Semester                              : I (Satu)

Bab 1

Standar Kompetensi
Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.

Kompetensi Dasar
Meneladani nilai-nilai juang para tokoh yang berperan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator
Menerapkan nilai-nilai juang para tokoh perumus Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Alokasi Waktu                     :               4 x 35 menit (2 pertemuan).

A.       Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu menerapkan nilai-nilai juang para tokoh perumus Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

B.       Materi Ajar
Meneladani nilai-nilai perjuangan.

C.       Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.     Pendekatan kontekstual.
2.     Pendekatan Cooperatif Learning.
3.     Diskusi kelas.
4.     Tanya jawab.
5.     Penugasan.

D.       Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama
1.       Kegiatan Awal
a.       Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b.       Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan setelah pulang dari sekolah.
c.        Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang makna Garuda Pancasila yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
d.       Mengajak siswa untuk menyanyikan lagu Garuda Pancasila dengan semangat dan bersungguh-sungguh.

2.       Kegiatan Inti
a.        Bertanya jawab tentang agama yang diakui di Indonesia  beserta tempat ibadahnya.
b.        Guru menugaskan siswa untuk menjawab pertanyaan dengan memilih gambar yang tepat sesuai dengan nilai-nilai perjuangan.
c.        Membahas bersama soal-soal.
d.        Guru menugaskan siswa untuk mewarnai dengan baik jawaban soal yang tepat.
e.        Bertanya jawab mengenai nilai yang dipesankan pada setiap kasus.
f.         Siswa diingatkan untuk mempelajari kembali materi mengenai perjuangan meraih kemerdekaan, proses perumusan Pancasila dan meneladani nilai-nilai perjuangan. Kemudian berlatih soal-soal latihan pada ”Ayo Belajar” hal. 21-24, untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan berikutnya.

3.       Kegiatan Penutup
a.       Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
b.       Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
c.        Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pertemuan Kedua
1.       Kegiatan Awal
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali ulangan harian.

2.       Kegiatan Inti
a.       Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b.       Siswa diberikan lembar soal ulangan harian.
c.        Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik menyontek.
d.       Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.

E. Sumber/Bahan Belajar
1.       Gambar/foto para pahlawan.
2.       Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 1, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng M.Pd.) hal. 12-20, 21-24.
3.       Buku referensi lain.
4.       Surat Kabar, dst.

F. Penilaian
Teknik                                    :               Tugas individu.
Bentuk instrumen                :               Penilaian lisan, penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita).
Contoh instrumen               :               Menjelaskan mengapa terjadi perubahan dalam rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.


                                                                             __________, ___________________
Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                           Guru Mata Pelajaran PKn



____________________                                                         ____________________
NIP.                                                                                                NIP.























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah     : Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran     : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                     : VI (Enam)
Semester              : I (Satu)

Bab 2

Standar Kompetensi
Memahami sistem pemerintahan Republik Indonesia.

Kompetensi Dasar
Menjelaskan proses Pemilu dan Pilkada.

Indikator
1.       Menceritakan proses pemilu di Indonesia.
2.       Menyebutkan arti dan asas pemilihan umum di Indonesia.
3.       Menyebutkan tahun-tahun pemilihan umum di Indonesia.
4.       Menyebutkan tiga tahapan dalam pemilu tahun 2004.
5.       Menyebutkan persyaratan calon Presiden dan Wakil Presiden.
6.       Menyebutkan daftar Presiden RI.
7.       Menyebutkan tugas dan wewenang KPU Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.
8.       Mengetahui larangan-larangan pada pelaksanaan kampanye.
9.       Menyebutkan aturan-aturan pemilihan Kepala Daerah.
10.    Menyebutkan aturan Peraturan Pemerintah (PP).

Alokasi Waktu                     :               4x 35 menit (2 pertemuan).

A.       Tujuan Pembelajaran
1.       Siswa mampu menceritakan proses pemilu di Indonesia.
2.       Siswa mampu menyebutkan arti san asas pemilihan umum di Indonesia.
3.       Siswa mampu menyebutkan tahun-tahun pemilihan umum di Indonesia.
4.       Siswa mampu menyebutkan tiga tahapan dalam pemilu tahun 2004.
5.       Siswa mampu menyebutkan persyaratan calon Presiden dan Wakil Presiden.
6.       Siswa mampu menyebutkan daftar Presiden RI.
7.       Siswa mampu menyebutkan tugas dan wewenang KPU Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.
8.       Siswa mampu menyebutkan larangan-larangan pada pelaksanaan kampanye.
9.       Siswa mampu menyebutkan aturan-aturan pemilihan Kepala Daerah.
10.    Siswa mampu menyebutkan aturan Peraturan Pemerintah (PP).

B.       Materi Ajar
1.       Arti dan asas Pemilu
2.       Pelaksanaan Pemilu
3.       Proses Pemilu Presiden dan Wakil Presiden
4.       Pemilihan Kepala Daerah

C.       Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan kontekstual.
2.       Pendekatan Cooperatif Learning.
3.       Diskusi dengan teman sebangku.
4.       Tanya jawab.
5.       Penugasan.

D.       Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua
1.       Kegiatan Awal
a.       Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b.       Membahas tugas yang pekerjaan rumah.