RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA
PELAJARAN : IPA
KELAS
/ SEMESTER : V / II
ALOKASI
WAKTU :
4 X 35 menit (2 Pertemuan)
STANDAR KOMPETENSI
:
5. Memahami
hubungan antara gaya, gerak, dan energi serta fungsinya.
KOMPETENSI DASAR :
5.1 Mendeskripsikan
antara gaya, gerak, dan energi melalui percobaan
1.2 cara
tumbuhan hijau membuat makanan
INDIKATOR
-
Mengelompokan benda-benda yang bersifat magnetis
dan yang tidak magnetis
-
Memberikan contoh penggunaan gaya magnet dalam
kehidupan sehari-hari
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah selesai melaksanakan
pembelajaran siswa dapat :
- Menceritakan istilah magnet bersal dari kata magnesia
- Mengelompokkan istilah magnet berasal dari kata magnetis dan yang tidak magnetis
- Memberikan contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari
II. Materi Ajar
-
Istilah magnet berasal dari kata magnesia yaitu nama sebuah daerah kecil di
Asia
-
Magnet menarik benda-benda yang yang terbuat dari logam besi, nekel, atau kobalt. Dinamakan
benda magnetis
-
Kekuatan gaya tarik magnet dengan benda magnetis dan jarak magnet yang
paling kuat terletak dibagian kutupnya
III.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Pengamatan/observasi
2.
Diskusi
3.
Tugas
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
I
A. Kegiatan
Awal (5 menit)
Memotivasi siswa dengan menunjukkan
beberapa magnet dan benda lain yang bukan magnet
B. Kegiatan
Inti (40 menit)
1
Siswa membaca buku tentang gaya, gaya
magnet
2
Menyimpulkan benda yang dapat ditarik maupun yang tidak
3
Membuat kelompok, tiap kelompok diberi LKS 1 dan mengamati benda-benda tadi
lalu menulis di kolom
4
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru menulis butir-butir penting
C. Kegiatan
Akhir (25 menit)
1. Mengadakan
evaluasi
2.
Siswa diberi tugas tentang benda magnetis
Pertemuan 2
A. Kegiatan
Awal (10 menit)
Mengingat pelajaran magnet dan mengadakan
tanya jawab, menunjukkan benda-benda disekitar
B. Kegiatan
Inti (40 menit)
1. Meminta
siswa membaca buku tentang kekuatan gaya
magnet
2. Siswa
duduk berkelompok sesuai kelompoknya dan menyiapkan alat yang diperlukan
3. Guru
membagi LKS 2, membimbing dan memfasilitasinya
4.
Mengkomonikasikan dan menyimpulkan hasil pekerjaan
C. Kegiatan
Akhir (20 menit)
1. Mengadakan
evaluasi
2.
Siswa diberi tugas tentang benda magnetis
V. SUMBER / ALAT
1. Alat : magnet, paku, jarum, lidi, pencil dsb
VI. PENILAIAN
Tertulis
Lisan
Proyek
Pertemuan 1
Isilah
1.
Magnet dapat menarik benda-benda yang terbuat dari .....
2.
Istilah magnet berasal dari kata .....
3.
Gaya yang ditimnulkan oleh tarikan magnet disebut .....
4.
Berdasarkan asal usulnya, magnet dibedakan menjadi dua jenis yaitu .....
5.
Benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet disebut .....
Kunci
1.
Logam
2.
Magnesia
3.
Gaya magnet
4.
Magnet alam dan magnet buatan
5.
Magnesia
LKS 1
Benda yang dapat ditarik magnet dan tidak
No
|
Nama benda
|
Bahan benda
|
Keadaan benda terhadap magnet
|
|
Dapat ditarik
|
Tidak dapat ditarik
|
|||
1
2
3
4
5
6
|
Jarum
Kawat
tembaga
Sendok
stanlais
Buku
Pencil
.....
|
|
|
|
Kesimpulan :
Kunci
No
|
Nama benda
|
Bahan benda
|
Keadaan benda terhadap magnet
|
|
Dapat ditarik
|
Tidak dapat ditarik
|
|||
1
2
3
4
5
6
|
Jarum
Kawat
tembaga
Sendok
stanlais
Buku
Pencil
…..
|
Besi
Tembaga
Stanlais
Kayu
Kayu
…..
|
|
|
Kesimpulan
:
Pertemuan 2
Isilah
!
1.
Permukaan benda yang kasar
akan memperbesar gaya …..
2.
Magnet yang dibuat dengan cara
aliran listrik disebut .....
3.
Logam yang digunakan untuk membuat
magnet adalah ..... dan .....
4.
Magnet memiliki dua kutub
yaitu ..... dan .....
5.
Dua kutub magnet yang senama
akan ..... dan dua kutub magnet yang tidak senama akan ....
Kunci
1.
Gesek
2.
Elektromagnet
3.
Besi dan baja
4.
Utara dan selatan
5.
Tolak menolak-tarik menarik
Format
Penilaian Sikap
No
|
Aspek
penilaian
|
Skor
yang mungkin dinilai
|
Skor
penilaian
|
1
2
3
4
|
Kecepatan kelompok
Ketepatan bahan
Kerja sama
Kecepatan membuat kesimpulan
|
0-20
0-20
0-20
0-40
|
|
Nilai ==
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA
PELAJARAN : IPA
KELAS
/ SEMESTER : V / II
ALOKASI
WAKTU :
2 X 35 menit (2 Pertemuan)
STANDAR KOMPETENSI
:
5. Memahami
hubungan antara gaya, gerak, dan energi serta fungsinya.
KOMPETENSI DASAR :
5.1 Mendeskripsikan
antara gaya, gerak, dan energi melalui percobaan
1.3 cara
tumbuhan hijau membuat makanan
INDIKATOR
- Dapat membuat magnet sendiri
- Membandingkan kecepatan jauh dari dua benda
- membandingkan gerak benda pada permulaan yang berbeda (kasar dan
yang halus)
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah selesai melaksanakan
pembelajaran siswa dapat :
- Dapat membuat magnet sendiri
- Membandingkan kecepatan jauh dari dua benda
- Menjelaskan cara pembuatan magnet
- Membandingkan gerak benda pada permukaan yang berbeda
II. Materi Ajar
-
Magnet memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan
-
Dua kutub magnet yang senama akan tolak menolak. Dua kutub magnet yang
tidak senama akan tarik menarik
-
Magnet digunakan berbagai macam peralatan mulai yang sederhana sampai yang
rumit
-
Ada tiga cara perbuatan magnet yaitu cara induksi, gosokan dan alirkan
listrik
-
Gerak jatuh benda dipengaruhi oleh gaya gravitasi dan gaya gsekan antara
benda tersebut dengan udara
III.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Diskusi
2.
Tanya jawab
3.
Pemberian tugas
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I
A. Kegiatan
Awal (5 menit)
Mengadakan tanya jawab tentang magnet
B. Kegiatan
Inti (40 menit)
1. Siswa
membaca buku siswa tentang gaya gravitasi dan gaya inti
2.
Mengamati benda yang ada disekitar dengan mempraktekan gaya gesk, gravitasi
3.
Mendiskusikan hasil percobaan tadi dalam LKS
4.
Membuat kesimpulan
C.
Kegiatan Akhir (25 menit)
1.
Mengadakan evaluasi
2. Menulis
tugas membuat data tentang magnet
Pertemuan 2
A.
Kegiatan Awal
Mengadakan tanya jawab
B. Kegiatan
Inti
1.
Menceritakan pengalaman tentang magnet, gaya gravitasi dan gaya gesek
2.
Mengamati dan mencoba membuat gaya gesekan dan gaya gravitasi
3.
Berdiskusi bersama kelompok dari soal
4.
Membuat kesimpulan
C.
Kegiatan Akhir (25 menit)
1.
Mengadakan evaluasi
2.
Siswa diberi tugas menulis data tentang gaya gesek dan gaya magnet.
V SUMBER / ALAT
1. Sumber : Buku IPA Kelas V
2. Alat : Batu, sepatu dan benda disekitar
VI. PENILAIAN
Tes lisan
Tes proyek
Tes tulis
Pertemuan 1
Isilah
1.
Selain magnet alam juga magnet .....
terima kasih pak...
BalasHapusTrims ..☺☺
BalasHapusalhamdulillah
BalasHapus