Rabu, 11 April 2012

RPP BHS INDO KELAS 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Pelajaran                      : I
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              : 6/ Pertama
Standar Kompetansi     :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu                          : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENDENGARKAN
I.Kompetensi Dasar      : Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema                
                                       ,amanat,dari cerita anak yang dibacakan.

II.Indikator                    : 0 Siswa dapat mendengarkan cerita anak    
                                      0 Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita yang                              
                                         Didengar
                                      0 Siswa dapat menentukan tokoh dan sifat tokoh cerita
                                      0 Siswa dapat menentukan latar  cerita
                                      0 Siswa dapat menceritakan kembali cerita yang didengar
III.Materi Pokok       : Cerita anak

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal     :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang cerita anak yang pernah 
                                            dibaca atau didengar
     B.Kegiatan Inti        :
                                     
                                         0 Mendengarkan cerita anak           
                                      0 Menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita yang                              
                                         Didengar
                                      0 Menentukan tokoh dan sifat tokoh cerita
                                      0 Menentukan latar  cerita
                                      0 Menceritakan kembali cerita yang didengar
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Membaca  buku cerita anak

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP




VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                           : v
B.Perbuatan                    :
C.Proyek                        :
D.Produk                        :
E.Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian        :


 Mengetahui                                                                                       __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                           Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                   




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : I
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              : 6/ Pertama
Standar Kompetansi     : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu                          : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

BERBICARA
I.Kompetensi Dasar      :  Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan

II.Indikator                    : 0 Siswa dapat memahami aneka  jenis iklan
                                      0 Siswa dapat menyampaikan isi iklan secara lisan
                                      0 Siswa dapat  mencari iklan dari surat kabar kemudian menyampaikan isinya
                               
III.Materi Pokok       :  Teks Iklan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal     :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang iklan  yang pernah 
                                            dibaca atau didengar
     B.Kegiatan Inti        :
                                         0 Memahami aneka  jenis iklan
                                      0 Menyampaikan isi iklan secara lisan
                                      0 Mencari iklan dari surat kabar kemudian menyampaikan                 
                                         isinya
                               

                                        
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Menyusun iklan

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP





VI.Penilaian              : Tes lisan , tertulis dan produk


A.Lisan                           : v
B.Perbuatan                    :
C.Proyek                        :
D.Produk                        : v
E.Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian        :


 Mengetahui                                                                                       __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                           Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
           


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : I
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              : 6/ Pertama
Standar Kompetansi     : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu                          : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MEMBACA
    I.Kompetensi Dasar      :  Menanggapi informasi kelompok/rubric khusus                                               
                                              ( majalahanak,Koran dll )

II.Indikator                    : 0 Siswa dapat membaca intensif teks bacaan
                                      0 Siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan
                                      0 Siswa dapat  mencatat informasi penting dari bacaan
                                      0 Siswa dapat menanggapi isi bacaan
                               
III.Materi Pokok       :  Teks Bacaan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal     :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan  yang  akan   
                                            dibaca atau didengar
     B.Kegiatan Inti        :
                                         0 Membaca intensif teks bacaan
                                      0 Menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan
                                      0 Mencatat informasi penting dari bacaan
                                      0 Menanggapi isi bacaan                   

                                        
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Membaca teks bacaan lain / buku bacaan yang relepan

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP





VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                           : v
B.Perbuatan                    :
C.Proyek                        :
D.Produk                        :
E.Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian        :


 Mengetahui                                                                                       __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                           Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   



           






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : I
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              : 6/ Pertama
Standar Kompetansi     :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis  
                                       dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu                          :  4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

 MENULIS
    I.Kompetensi Dasar      :  Menyusun percakapan tentang berbagai topic dengan                    
                                               memperhatikan  penggunaan ejaan yang baik dan benar
                                               * Tanda titik dua ( : )       

II.Indikator                    :  0 Siswa dapat memahami penggunaan tanda titik dua ( : )     
                                            dalam teks percakapan
                                      0 Siswa dapat memperagakan teks percakapan
                                      0 Siswa dapat  mencatat informasi penting yang terdapat dalam teks percakapan
                                      0 Siswa dapat melengkapi teks percakapan yang belum selesai
                                      0 Siswa dapat memperagakan teks percakapan yang dibuat sendiri
                               
III.Materi Pokok       :  Teks Percakapan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal     :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang tek percakapan  yang  akan  
                                            dibaca atau didengarkan
     B.Kegiatan Inti        :
                                         0 Memahami penggunaan tanda titik dua ( : )     
                                            dalam teks percakapan
                                      0 Memperagakan teks percakapan
                                      0 Mencatat informasi penting yang terdapat dalam teks     
                                         percakapan
                                      0 Melengkapi teks percakapan yang belum selesai
                                      0 Memperagakan teks percakapan yang dibuat sendiri

                                        
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
       
                                     0  Menyusun percakapan dan memperagakannya di depan kelas


V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP


VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis sereta perbuatan


A.Lisan                           : v
B.Perbuatan                    : v
C.Proyek                        :
D.Produk                        :
E.Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian        :


 Mengetahui                                                                                       __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                           Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : II
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              : 6/ Pertama
Standar Kompetansi     :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu                          : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENDENGARKAN
I.Kompetensi Dasar      : Menulis hal-hal penting/ pokok dari suatu                                  
                                           Teks yang dibacakan/didengarkan

II.Indikator                    : 0 Siswa dapat mendengarkan pembacaan teks        
                                      0 Siswa dapat melengkapi pernyatan yang sesuai dengan teks
                                      0 Siswa dapat menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
                                      0 Siswa dapat meringkas teks yang didengarkan
                                      0 Siswa dapat menceritakan kembali isi teks yang didengar

III.Materi Pokok       : Teks Bacaan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal     :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan  yang akan 
                                            didengar
     B.Kegiatan Inti        :
                                         0 Mendengarkan pembacaan teks   
                                      0 Melengkapi pernyatan yang sesuai dengan teks
                                      0 Menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
                                      0 Meringkas teks yang didengarkan
                                      0 Menceritakan kembali isi teks yang didengar
                                        
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Membaca  buku lain yang relevan dengan materi pelajaran

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP




VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                           : v
B.Perbuatan                    :
C.Proyek                        :
D.Produk                        :
E.Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian        :


 Mengetahui                                                                                       __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                           Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                   




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : II
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              : 6/ Pertama
Standar Kompetansi     : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu                          : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

BERBICARA
I.Kompetensi Dasar      : Menyampaikan pesan /informasi yang diperoleh dari berbagaimedia dengan bahasa yang runtut,baik,dan benar

II.Indikator                    : 0 Siswa dapat memperagakan wawancara bersama teman
                                      0 Siswa dapat menycatat informasi penting dalam wawancara                                   
                                         tersebut
                                      0 Siswa dapat  menyampaikan informasi penting secara lisan
                               
III.Materi Pokok       :  Teks Wawancara

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal     :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang wawancara  yang pernah 
                                            Dilakukan
     B.Kegiatan Inti        :
                                         : 0 Memperagakan wawancara bersama teman
                                        0 Menycatat informasi penting dalam wawancara                                  
                                            tersebut
                                         0 Menyampaikan informasi penting seccara lisan

                                        
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Menyusun wawancara

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP





VI.Penilaian              : Tes lisan , tertulis dan produk


A.Lisan                           : v
B.Perbuatan                    :
C.Proyek                        :
D.Produk                        : v
E.Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian        :


 Mengetahui                                                                                       __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                           Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
           


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : II
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              : 6/ Pertama
Standar Kompetansi     : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu                          : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MEMBACA
    I.Kompetensi Dasar      :  Menanggapi informasi kelompok/rubric khusus                                               
                                              ( majalahanak,Koran dll )

II.Indikator                    : 0 Siswa dapat membaca teks berisi informasi dari kolom                               
                                            tertentu
                                      0 Siswa dapat menjawab pertanyaan
                                      0 Siswa dapat  menjelaskan isi teks secara lisan
                                      0 Siswa dapat memahami kalimat permintaan
                                      0 Siswa dapat melengkapi kalimat permintaan
                               
III.Materi Pokok       :  Teks Cerita

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal     :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang tek cerita  yang  akan  
                                            dibaca atau didengar
     B.Kegiatan Inti        :
                                         0 Membaca teks berisi informasi dari kolom                              
                                            tertentu
                                      0 Menjawab pertanyaan
                                      0 Menjelaskan isi teks secara lisan
                                      0 Memahami kalimat permintaan
                                      0 Melengkapi kalimat permintaan
                               
    
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Membaca teks bacaan lain / buku bacaan yang relepan

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP





VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                           : v
B.Perbuatan                    :
C.Proyek                        :
D.Produk                        :
E.Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian        :


 Mengetahui                                                                                       __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                           Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   



           






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : II
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              : 6/ Pertama
Standar Kompetansi     :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis  
                                       dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu                          :  4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

 MENULIS
    I.Kompetensi Dasar      :  Mengisi kartu pos 

II.Indikator                    :  0 Siswa dapat memahami isi kartu pos
                                       0 Siswa dapat  menentukan bagian-bagian kalimat kartu pos                         
                                         dengan benar
                                        0 Siswa dapat  mengisi kartu pos berdasarkan keterangan yang                  
                                           sudah ditentukan
                                  
III.Materi Pokok       :   Kartu pos

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal     :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang kartu pos manfaat dan cara  
                                            pengisiannya
     B.Kegiatan Inti        :
                                         0 Memahami isi kartu pos
                                       0 Menentukan bagian-bagian kalimat kartu pos                         
                                         dengan benar
                                       0 Mengisi kartu pos berdasarkan keterangan yang                  
                                          sudah ditentukan       
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
       
0        Mengisi  kartu pos dan mengirimkannya ke alamat                
      teman,sudara, atau guru

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP


VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis sereta produk


A.Lisan                           : v
B.Perbuatan                    :
C.Proyek                        :
D.Produk                        : v
E.Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian        :


 Mengetahui                                                                                       __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                           Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   








           
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : III
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              : 6/ Pertama
Standar Kompetansi     :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu                          : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENDENGARKAN
         I.Kompetensi Dasar      : Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema,atau amanat dari cerita anak yang dibacakan

II.Indikator                    : 0 Siswa dapat mendengarkan cerita anak yang dibacakan oleh              
                                            guru         
                                      0 Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan teks yang didengar
                                      0 Siswa dapat menentukan tokoh ,sifat,watak,latar cerita yang didengar
                                      0 Siswa dapat menentukan urutan peristiwa atau alur cerita yang didengar
                                      0 Siswa dapat meringkas cerita yang didengar
                                      0 Siswa dapat menentukan amanat cerita

III.Materi Pokok       : Cerita Anak

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal     :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang cerita anak  yang akan 
                                            Diperdengarkan
     B.Kegiatan Inti        :
                                         0 Mendengarkan cerita anak yang dibacakan oleh               
                                            guru         
                                      0 Menjawab pertanyaan sesuai dengan teks yang didengar
                                      0 Menentukan tokoh ,sifat,watak,latar cerita yang didengar
                                      0 Menentukan urutan peristiwa atau alur cerita yang didengar
                                      0 Meringkas cerita yang didengar
                                      0 Menentukan amanat cerita
                                        
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Membaca  bukucerita anak  lain yang relevan dengan materi pelajaran


V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP


VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                           : v
B.Perbuatan                    :
C.Proyek                        :
D.Produk                        :
E.Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian        :


 Mengetahui                                                                                       __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                           Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                   






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : III
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              : 6/ Pertama
Standar Kompetansi     : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu                          : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

BERBICARA
I.Kompetensi Dasar      : Menanggapi ( memuji, mengkritik) sesuatu  hal disertai alas an yang jelas dengan menggunakan bahasa yang santun

II.Indikator                    : 0 Siswa dapat memperagakan wawancara bersama teman
                                      0 Siswa dapat menycatat informasi penting dalam wawancara                                  
                                         tersebut
                                      0 Siswa dapat  menyampaikan informasi penting secara lisan
                               
III.Materi Pokok       :   Kalimat pujian

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal     :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang kalimat pujian yang pernah                 
                                            diucapkan atau didengarnya
     B.Kegiatan Inti        :
                                         0 Memperagakan wawancara bersama teman
                                      0 Menycatat informasi penting dalam wawancara                                  
                                         tersebut
                                      0 Menyampaikan informasi penting secara lisan
                              
                                        
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Menyusun kalimat pujian

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP





VI.Penilaian              : Tes lisan , tertulis dan produk


A.Lisan                           : v
B.Perbuatan                    :
C.Proyek                        :
D.Produk                        :
E.Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian        :


 Mengetahui                                                                                       __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                           Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
           


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : III
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              : 6/ Pertama
Standar Kompetansi     : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu                          : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MEMBACA
    I.Kompetensi Dasar      :  Menanggapi informasi kelompok/rubric khusus                                               
                                              ( majalahanak,Koran dll )

II.Indikator                    : 0 Siswa dapat membaca sekilas teks bacaan
                                      0 Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan
                                      0 Siswa dapat  menanggapi pernyataan yang sesuai dengan teks bacaan
                               
III.Materi Pokok       :  Teks Bacaan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal     :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan   yang  akan  
                                            dibaca atau diperdengarkan
     B.Kegiatan Inti        :
                                          0 Membaca sekilas teks bacaan
                                       0  Menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan
                                        0 Menanggapi pernyataan yang sesuai dengan teks bacaan         
   
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Membaca teks bacaan lain / buku bacaan yang relepan

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP









VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                           : v
B.Perbuatan                    :
C.Proyek                        :
D.Produk                        :
E.Tertulis                         : v

VII.Skor Penilaian        :


 Mengetahui                                                                                       __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                           Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   



           






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : III
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester              : 6/ Pertama
Standar Kompetansi     :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis  
                                       dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu                          :  4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

 MENULIS
    I.Kompetensi Dasar      :  Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan  makna puisi            

II.Indikator                    :  0 Siswa dapat memahami cara mengubah puisi menjadi prosa
                                       0 Siswa dapat  membaca puisi dengan penghayatan yang baik                       
                                        0 Siswa dapat  memparafrasekan puisi
                                 
III.Materi Pokok       :   Puisi

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal     :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang puisi yang akan dibacakan
     B.Kegiatan Inti        :
                                          0 Memahami cara mengubah puisi menjadi prosa
                                       0 Membaca puisi dengan penghayatan yang baik                        
                                        0 Memparafrasekan puisi
                                   
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Memparafrasekan puisi lain dan membacakan hasilnya di depan kelas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar