RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Pelajaran :
I
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Smester :
6/ Pertama
Standar Kompetansi :Memahami
tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu : 2 X 35 menit ( 1 X
Pertemuan )
________________________________________________________________________
MENDENGARKAN
I.Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi
tokoh,watak,latar,tema
,amanat,dari
cerita anak yang dibacakan.
II.Indikator :
0 Siswa dapat mendengarkan cerita anak
0 Siswa
dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita yang
Didengar
0 Siswa
dapat menentukan tokoh dan sifat tokoh cerita
0 Siswa
dapat menentukan latar cerita
0 Siswa
dapat menceritakan kembali cerita yang didengar
III.Materi Pokok : Cerita anak
IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang
cerita anak yang pernah
dibaca atau
didengar
B.Kegiatan Inti :
0 Mendengarkan cerita anak
0
Menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita yang
Didengar
0
Menentukan tokoh dan sifat tokoh cerita
0
Menentukan latar cerita
0
Menceritakan kembali cerita yang didengar
C.Kegiatan
Akhir :
0 Tanya
jawab,diskusi,penugasan
0
Membaca buku cerita anak
V.Metode/Sumber Belajar:
A.Metode : Tanya
jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber
Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006
KTSP
VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis
A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk :
E.Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru
Kelas 6
_____________________ __________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)
Pelajaran :
I
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Smester :
6/ Pertama
Standar Kompetansi :
Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu :
2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________
BERBICARA
I.Kompetensi Dasar :
Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
II.Indikator :
0 Siswa dapat memahami aneka jenis iklan
0
Siswa dapat menyampaikan isi iklan secara lisan
0 Siswa
dapat mencari iklan dari surat kabar kemudian
menyampaikan isinya
III.Materi Pokok :
Teks Iklan
IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang
iklan yang pernah
dibaca
atau didengar
B.Kegiatan Inti :
0 Memahami aneka jenis iklan
0
Menyampaikan isi iklan secara lisan
0 Mencari iklan dari surat kabar kemudian
menyampaikan
isinya
C.Kegiatan
Akhir :
0 Tanya
jawab,diskusi,penugasan
0
Menyusun iklan
V.Metode/Sumber Belajar:
A.Metode : Tanya
jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber
Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006
KTSP
VI.Penilaian : Tes lisan , tertulis dan produk
A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk : v
E.Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru
Kelas 6
_____________________ __________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)
Pelajaran :
I
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Smester :
6/ Pertama
Standar Kompetansi :
Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu :
2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________
MEMBACA
I.Kompetensi
Dasar : Menanggapi informasi kelompok/rubric
khusus
( majalahanak,Koran dll )
II.Indikator :
0 Siswa dapat membaca intensif teks bacaan
0 Siswa
dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan
0 Siswa
dapat mencatat informasi penting dari
bacaan
0 Siswa
dapat menanggapi isi bacaan
III.Materi Pokok :
Teks Bacaan
IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang tek
bacaan yang akan
dibaca atau didengar
B.Kegiatan Inti :
0 Membaca intensif teks bacaan
0 Menentukan pernyataan yang sesuai
dengan isi bacaan
0
Mencatat informasi penting dari bacaan
0
Menanggapi isi bacaan
C.Kegiatan
Akhir :
0 Tanya
jawab,diskusi,penugasan
0
Membaca teks bacaan lain / buku bacaan yang relepan
V.Metode/Sumber Belajar:
A.Metode : Tanya
jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber
Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006
KTSP
VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis
A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk :
E.Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru
Kelas 6
_____________________ __________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)
Pelajaran :
I
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar
Kompetansi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi
secara tertulis
dalam
bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu : 4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )
________________________________________________________________________
MENULIS
I.Kompetensi
Dasar : Menyusun percakapan tentang berbagai topic
dengan
memperhatikan penggunaan ejaan yang baik dan benar
* Tanda titik dua ( : )
II.Indikator :
0 Siswa dapat memahami penggunaan tanda
titik dua ( : )
dalam
teks percakapan
0 Siswa
dapat memperagakan teks percakapan
0 Siswa
dapat mencatat informasi penting yang
terdapat dalam teks percakapan
0 Siswa
dapat melengkapi teks percakapan yang belum selesai
0 Siswa dapat memperagakan teks percakapan
yang dibuat sendiri
III.Materi Pokok :
Teks Percakapan
IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0
Mengajukan pertanyaan tentang tek percakapan yang
akan
dibaca atau didengarkan
B.Kegiatan Inti :
0 Memahami penggunaan
tanda titik dua ( : )
dalam
teks percakapan
0
Memperagakan teks percakapan
0
Mencatat informasi penting yang terdapat dalam teks
percakapan
0
Melengkapi teks percakapan yang belum selesai
0
Memperagakan teks percakapan yang dibuat sendiri
C.Kegiatan
Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0
Menyusun percakapan dan memperagakannya di depan kelas
V.Metode/Sumber Belajar:
A.Metode : Tanya
jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber
Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006
KTSP
VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis sereta
perbuatan
A.Lisan : v
B.Perbuatan : v
C.Proyek :
D.Produk :
E.Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru
Kelas 6
_____________________ __________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)
Pelajaran :
II
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Smester :
6/ Pertama
Standar Kompetansi :Memahami
tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu :
2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________
MENDENGARKAN
I.Kompetensi Dasar : Menulis hal-hal penting/ pokok dari
suatu
Teks
yang dibacakan/didengarkan
II.Indikator :
0 Siswa dapat mendengarkan pembacaan teks
0 Siswa
dapat melengkapi pernyatan yang sesuai dengan teks
0 Siswa
dapat menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
0 Siswa
dapat meringkas teks yang didengarkan
0 Siswa dapat menceritakan kembali isi teks
yang didengar
III.Materi Pokok : Teks Bacaan
IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang
teks bacaan yang akan
didengar
B.Kegiatan Inti :
0 Mendengarkan pembacaan teks
0
Melengkapi pernyatan yang sesuai dengan teks
0 Menentukan
hal-hal penting dari teks yang didengarkan
0
Meringkas teks yang didengarkan
0
Menceritakan kembali isi teks yang didengar
C.Kegiatan
Akhir :
0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
0 Membaca
buku lain yang relevan dengan materi pelajaran
V.Metode/Sumber Belajar:
A.Metode : Tanya
jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber
Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006
KTSP
VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis
A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk :
E.Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru
Kelas 6
_____________________ __________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)
Pelajaran :
II
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Smester :
6/ Pertama
Standar Kompetansi :
Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu :
2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________
BERBICARA
I.Kompetensi Dasar : Menyampaikan pesan /informasi yang
diperoleh dari berbagaimedia dengan bahasa yang runtut,baik,dan benar
II.Indikator :
0 Siswa dapat memperagakan wawancara bersama teman
0 Siswa dapat menycatat informasi
penting dalam wawancara
tersebut
0 Siswa
dapat menyampaikan informasi penting
secara lisan
III.Materi Pokok :
Teks Wawancara
IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang
wawancara yang pernah
Dilakukan
B.Kegiatan Inti :
: 0 Memperagakan wawancara bersama teman
0
Menycatat informasi penting dalam wawancara
tersebut
0
Menyampaikan informasi penting seccara lisan
C.Kegiatan
Akhir :
0 Tanya
jawab,diskusi,penugasan
0
Menyusun wawancara
V.Metode/Sumber Belajar:
A.Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan,
/Multi metode
B. Sumber
Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006
KTSP
VI.Penilaian : Tes lisan , tertulis dan produk
A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk : v
E.Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru
Kelas 6
_____________________ __________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)
Pelajaran :
II
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Smester :
6/ Pertama
Standar Kompetansi :
Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu :
2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________
MEMBACA
I.Kompetensi
Dasar : Menanggapi informasi kelompok/rubric
khusus
(
majalahanak,Koran dll )
II.Indikator :
0 Siswa dapat membaca teks berisi informasi dari kolom
tertentu
0 Siswa
dapat menjawab pertanyaan
0 Siswa
dapat menjelaskan isi teks secara lisan
0 Siswa dapat
memahami kalimat permintaan
0 Siswa
dapat melengkapi kalimat permintaan
III.Materi Pokok :
Teks Cerita
IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang tek
cerita yang akan
dibaca atau didengar
B.Kegiatan Inti :
0 Membaca teks berisi informasi dari
kolom
tertentu
0
Menjawab pertanyaan
0
Menjelaskan isi teks secara lisan
0 Memahami kalimat
permintaan
0
Melengkapi kalimat permintaan
C.Kegiatan
Akhir :
0 Tanya
jawab,diskusi,penugasan
0 Membaca teks bacaan lain / buku bacaan yang
relepan
V.Metode/Sumber Belajar:
A.Metode : Tanya
jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber
Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006
KTSP
VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis
A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk :
E.Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru
Kelas 6
_____________________ __________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)
Pelajaran :
II
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Smester :
6/ Pertama
Standar
Kompetansi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi
secara tertulis
dalam
bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu : 4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )
________________________________________________________________________
MENULIS
I.Kompetensi
Dasar : Mengisi kartu pos
II.Indikator : 0 Siswa dapat memahami isi kartu pos
0 Siswa dapat menentukan bagian-bagian kalimat kartu
pos
dengan benar
0
Siswa dapat mengisi kartu pos
berdasarkan keterangan yang
sudah
ditentukan
III.Materi Pokok :
Kartu pos
IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang kartu pos
manfaat dan cara
pengisiannya
B.Kegiatan Inti :
0 Memahami isi kartu pos
0
Menentukan bagian-bagian kalimat kartu pos
dengan
benar
0
Mengisi kartu pos berdasarkan keterangan yang
sudah
ditentukan
C.Kegiatan
Akhir :
0 Tanya
jawab,diskusi,penugasan
0
Mengisi kartu
pos dan mengirimkannya ke alamat
teman,sudara, atau guru
V.Metode/Sumber Belajar:
A.Metode : Tanya
jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber
Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006
KTSP
VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis sereta
produk
A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk : v
E.Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru
Kelas 6
_____________________ __________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)
Pelajaran :
III
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Smester :
6/ Pertama
Standar Kompetansi :Memahami
tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu :
2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________
MENDENGARKAN
I.Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema,atau amanat dari cerita anak yang
dibacakan
II.Indikator :
0 Siswa dapat mendengarkan cerita anak yang dibacakan oleh
guru
0 Siswa
dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan teks yang didengar
0 Siswa
dapat menentukan tokoh ,sifat,watak,latar cerita yang didengar
0 Siswa
dapat menentukan urutan peristiwa atau alur cerita yang didengar
0 Siswa dapat
meringkas cerita yang didengar
0 Siswa
dapat menentukan amanat cerita
III.Materi Pokok : Cerita Anak
IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran
yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang cerita
anak yang akan
Diperdengarkan
B.Kegiatan Inti :
0 Mendengarkan cerita anak yang dibacakan
oleh
guru
0
Menjawab pertanyaan sesuai dengan teks yang didengar
0
Menentukan tokoh ,sifat,watak,latar cerita yang didengar
0 Menentukan urutan
peristiwa atau alur cerita yang didengar
0
Meringkas cerita yang didengar
0
Menentukan amanat cerita
C.Kegiatan
Akhir :
0 Tanya
jawab,diskusi,penugasan
0
Membaca bukucerita anak lain yang relevan dengan materi pelajaran
V.Metode/Sumber Belajar:
A.Metode : Tanya
jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber
Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006
KTSP
VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis
A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk :
E.Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru
Kelas 6
_____________________ __________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)
Pelajaran :
III
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi :
Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu :
2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________
BERBICARA
I.Kompetensi Dasar : Menanggapi ( memuji, mengkritik)
sesuatu hal disertai alas an yang jelas
dengan menggunakan bahasa yang santun
II.Indikator :
0 Siswa dapat memperagakan wawancara bersama teman
0 Siswa
dapat menycatat informasi penting dalam wawancara
tersebut
0 Siswa
dapat menyampaikan informasi penting
secara lisan
III.Materi Pokok :
Kalimat pujian
IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran
yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang kalimat
pujian yang pernah
diucapkan atau didengarnya
B.Kegiatan Inti :
0 Memperagakan wawancara bersama teman
0
Menycatat informasi penting dalam wawancara
tersebut
0 Menyampaikan
informasi penting secara lisan
C.Kegiatan
Akhir :
0 Tanya
jawab,diskusi,penugasan
0 Menyusun kalimat pujian
V.Metode/Sumber Belajar:
A.Metode : Tanya
jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber
Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006
KTSP
VI.Penilaian : Tes lisan , tertulis dan produk
A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk :
E.Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru
Kelas 6
_____________________ __________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)
Pelajaran :
III
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Smester :
6/ Pertama
Standar Kompetansi :
Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu :
2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________
MEMBACA
I.Kompetensi
Dasar : Menanggapi informasi kelompok/rubric
khusus
(
majalahanak,Koran dll )
II.Indikator :
0 Siswa dapat membaca sekilas teks bacaan
0 Siswa
dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan
0 Siswa
dapat menanggapi pernyataan yang sesuai
dengan teks bacaan
III.Materi Pokok :
Teks Bacaan
IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran
yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan
yang
akan
dibaca atau diperdengarkan
B.Kegiatan Inti :
0
Membaca sekilas teks bacaan
0 Menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan
0 Menanggapi pernyataan yang
sesuai dengan teks bacaan
C.Kegiatan
Akhir :
0 Tanya
jawab,diskusi,penugasan
0 Membaca teks bacaan lain / buku bacaan yang
relepan
V.Metode/Sumber Belajar:
A.Metode : Tanya
jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber
Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006
KTSP
VI.Penilaian : Tes lisan dan tertulis
A.Lisan : v
B.Perbuatan :
C.Proyek :
D.Produk :
E.Tertulis : v
VII.Skor Penilaian :
Mengetahui __________ 2007
Kepala Sekolah __________ Guru
Kelas 6
_____________________ __________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)
Pelajaran :
III
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Smester :
6/ Pertama
Standar Kompetansi : Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi
secara tertulis
dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog
dan parafrase
Waktu : 4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )
________________________________________________________________________
MENULIS
I.Kompetensi
Dasar : Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan
tetap memperhatikan makna puisi
II.Indikator : 0 Siswa dapat memahami cara mengubah puisi
menjadi prosa
0 Siswa
dapat membaca puisi dengan penghayatan
yang baik
0 Siswa dapat memparafrasekan puisi
III.Materi Pokok :
Puisi
IV.Pengalaman Belajar
A.Kegiatan Awal :
0 Tanya jawab tentang materi pelajaran
yang akan dipelajari
0 Mengajukan pertanyaan tentang puisi yang
akan dibacakan
B.Kegiatan Inti :
0 Memahami cara mengubah puisi menjadi prosa
0
Membaca puisi dengan penghayatan yang baik
0
Memparafrasekan puisi
C.Kegiatan
Akhir :
0 Tanya
jawab,diskusi,penugasan
0 Memparafrasekan
puisi lain dan membacakan hasilnya di depan kelas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar