Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Tema : Diri Sendiri
Kelas 1 Semester 1
Alokasi waktu 3 minggu
Standar Kompetensi :
1. IPS : Memahami
identitas diri dan keluarga serta sikap saling
menghormati dalam kemajemukan
keluarga.
2. IPA : Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta
cara
perawatannya.
3. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika : Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
5. Bahasa Indonesia :
·
Mendengarkan
: Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
·
Berbicara
: Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan
dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh,
dan deklamasi.
·
Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca
nyaring.
·
Menulis
: Menulis permulaan dengan menjiplak
menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
6. Seni
Budaya dan Keterampilan :
·
Mengapresiasi karya seni rupa.
·
Mengekspresikan
diri melalui karya seni rupa.
Kompetensi Dasar
:
1. IPS :
·
Mengidentifikasi identitas diri , keluarga, dan
kerabat.
2. IPA :
·
Mengenal
bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.
3. PKN :
·
Menjelaskan
perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.
4. Matematika :
·
Membilang banyak benda .
·
Mengurutkan banyak benda.
5. Bahasa Indonesia :
·
Membedakan bunyi bahasa.
·
Memperkenalkan
diri dengan bahasa yang santun.
·
Mendeskripsikan
benda-benda sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana.
·
Menjiplak
berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·
Menebalkan
berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
6. Seni
Budaya dan Keterampilan :
·
Mengidentifikasi
unsur rupa pada benda alam sekitar.
·
Mengekspresikan
diri melalui teknik menggunting / menyobek..
Indikator :
1. IPS
:
·
Menyebutkan
nama lengkap dan panggilan besreta usia.
·
Menceritakan
alamat tempat tinggal dan alamat sekolah .
·
Menyebutkan
nama ayah dan ibu, serta anggota keluarga yang tinggal di rumah.
2. IPA
:
·
Menunjukkan
bagian-bagian tubuh ( mata, hidung, telinga, gigi, dll)
·
Menceritakan
kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati.
·
Menunjukkan cara merewat tubuh.
·
Membiasakan
merawat tubuh agar tumbuh sehat dan kuat.
3. PKN
:
·
Menjelaskan
ciri-ciri fisik perbedaan antara perempuan dan laki-laki.
·
Menceritakan
kegiatan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
·
Menyebutkan
jenis permainan yang dilakukan oleh anak laki-laki dan anak perempuan.
4. Matematika
:
·
Menyebutkan banyak benda.
·
Membandingkan
dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak dan lebih sedikit.
·
Membaca dan menulis lambing bilangan.
·
Mengurutkan
sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terkecil.
·
Mengurutkan
sekelompok bilangan yang berpola teratur mulai dari yang terbesar.
·
Membilang loncat 2, 3, dan 4.
5. Bahasa
Indonesia :
·
Mencocokkan gambar dengan informasi.
·
Mendengarkan
cerita gambar seri tentang persiapan pergi ke sekolah.
·
Mendengarkan dan menyanyikan lagu.
·
Menyebutkan
data diri dan identitas keluarga dengan kalimat sederhana.
·
Menyebutkan
warbna, bentuk dan permukaan benda.
·
Menyebutkan nama anggota
6. Seni
Budaya dan Keterampilan. :
·
Mengelompokkan
berbagai jenis bintik, garis, warna dan bentuk pada benda dua dimensi di alam
sekitar.
·
Mengelompokkan
berbagai ukuran bintik, garis, bidang, warna dan bentuk pada hasil karya dua dimensi
di alam sekitar.
I. Tujuan Pembelajaran :
·
Siswa
dapat memperkenalkan diri, menceritakan anggota keluarga yang ada di rumahnya.
·
Siswa
dapat menunjukkan bagian-bagian anggota tubuhdan kegunaannya.
·
Siswa
dapat menjelaskan dan membiasakan merawat tubuhnya.
·
Siswa
dapat menjelaskan cirri-ciri fisik dari laki-laki dan perenpuan.
·
Siswa
dapat menyebutkan kegiatan dan permainan yang dilakukan oleh laki-laki dan
perempuan.
·
Siswa
dapat menyebutkan banyak benda.
·
Siswa
dapat membandingkan dua kumpulan benda.
·
Siswa
dapat membaca dan menuliskan lambing bilangan.
·
Siswa
dapat mengurutkan bilangan dengan pola teratur.
·
Siswa
dapat membilang loncat 2, 3 dan 4.
·
Siswa
dapat mencocokan informasi dengan gambar.
·
Siswa
dapat menyimak cerita dari gambar seri.
·
Siswa
dapat mendengarkan dan menyanyikan lagu.
·
Siswa
dapat menyebutkan identitas diri dengan bahasa yang santun.
·
Siswa
dapat menyebutkan cirri-ciri suatu benda.
·
Siswa
dapat menjiplak dan menebalkan huruf, gambar.
·
Siswa
dapat menyalin/mencontoh huruf, suku
kata dan kata.
·
Siswa
dapat menggambar dari serangkaian titik, garis membentuk karya dua dimensi.
·
Siswa
dapat membuat benda karya mainan dengan teknik menyobek dan menggunting.
·
Siswa
dapat membunyikan, membedakan, dan menunjukkan vocal e`,e dan eu pada berbagai
kata.
II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
·
Identitas
diri, keluarga dan kekerabatan.
·
Bagian-bagian
anggota tubuh, kegunaan dan cara perawatan.
·
Hidup rukun dalam perbedaan
·
Oprasi hitung.
·
Tanggapan
secara nonverbal terhadap informasi yang didengar.
·
Kalimat
sederhana untuk memperkenalkan diri.
·
Penulisan
huruf, kata dan kalimat sederhana.
·
Berbagai
jenis dan ukuran unsure rupa dua dimensi pada berbagai benda.
·
Membuat karya kerajinan .
·
Kata-kata
yang menggunakan vocal e`, e dan eu
·
Nama
benda yang menggunakan vocal e`, e , dan eu.
III. Metoda Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya
jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian
tugas.
IV.
Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
·
Mengisi
daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan
cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Minggu I
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika)
·
Mengamati
model/ gambar anggota tubuh.
·
Menyanyikan
lagu “ dua mata saya “
·
Menunjukkan
gambar dan menyebutkan nama-nama anggota
tubuh
·
Melakukan
diskusi sederhana tentang perbedaan fisik antara laki-laki dan perempuan.
·
Menyebutkan
perbedaan tugas antara laki-laki dan perempuan.
·
Melakukan
tanya jawab tentang hak dan kewajiban laki-laki dan perempuan.
·
Mengamati
benda yang diperlihatkan guru ( kancing, kerang, manik-manik, pensil, dll )
·
Mengamati
benda yang ada di sekeliling siswa (
meja, buku, tas, dll )
·
Membilang
benda yang ada di sekeliling siswa dengan jumlah 1- 5 .
·
Menyimpan
kartu bilangan pada jumlah benda dengan tepat.
Pertemuan ke dua 3 x 35
menit ( Bahasa Indonesia, IPS,
Matematika )
·
Mengamati
gambar seri yang menceritakan tentang persiapan ke sekolah.
·
Menyanyikan lagu
“pergi sekolah “
·
Menceritakan
dengan kalimat yang sederhana isi dari gambar tersebut.
·
Melakukan
tanya jawab tentang persiapan siswa bila pergi ke sekolah.
·
Mendengarkan
penjelasan guru tentang identitas diri, keluarga, dan kerabat.
·
Menjelaskan
kembali pentingnya identitas diri.
·
Menyebutkan
keuntungan kita mempunyai identitas diri.
·
Membilang
benda yang diamati . secara individual dan klasikal.
·
Melakukan
penghitungan benda di depan kelas dengan jumlah 1 – 5
·
Menyebutkan
bilangan yang tepat sesuai dengan banyak benda
·
Mengisi soal yang berkaitan dengan banyak benda.
Peretemuan ke tiga 3 x 35 menit (
Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Memperkenalkan
diri di depan kelas identitas diri dengan kalimat yang santun.
·
Secara bergiliran memperkenalkan diri.
·
Menghitung
beda pada gambar/ model dengan jumlah benda
1 – 10.
·
Menyebutkan jumlah banyak benda 1 – 10.
·
Meletakkan
kartu bilangan pada jumlah benda dengan tepat.
·
Seorang
siswa meletakkan benda dan siswa lain
menyimpan kartu bilangan yang tepat
Pertemuan ke empat 2 x 35
menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
·
Melakukan
pengamatan pada benda untuk menguraikan deskripsinya
·
Mengungkapkan
deskripsi benda dalam bentuk, warna, dan permukaa.
·
Contoh
: Bentuknya panjang , digunakan untuk
menulis, bisa bergambar, dan polos. Semua murid memerlukannya. à
deskripsi dari pensil.
·
Mencoba
untuk mendeskripsikan benda yang diperlihatkan temannya.
·
Mengamati
manik-manik, kancing atau kelereng yang diperlihatkan guru yang berjumlah 1 –
15.
·
Menghitung
banyak benda yang diperlihatkan guru dengan urutan yang benar.
·
Menyebutkan
bilangan yang sesuai dengan jumlah banyak benda.
·
Menyimpan
kartu bilangan pada benda yang sesuai dengan jumlahnya.
·
Menuliskan
lambing bilangan yang tepat sesuai dengan banyaknya benda.
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit
(Matematika, Bahasa Indonesia)
·
Menirukan
kata-kata yang diucapkan guru yang mengandung vocal e` ( letah, teko, peci,
toke, dll)
·
Menirukan
kata –kata yang diucapkan guru yang mengandung vocal e ( cepil, jempol, gelas,
dll )
·
Menirukan
kata-kata ynag diucapkan guru yang mengandung vocal eu. ( ceuli, peureup,
beubeur, dll )
Mengeja setiap kata untuk
membedakan bunyi dan penulisan antara
e`, e, dan eu
·
Meletakkan
kartu huruf e`, e, dan eu pada kata yang belum sempurna berdasarkan pada
pendengaran atas kata-kata yang diucapkan guru.
·
Membacakan
kartu huruf yang telah sempurna pengejaannya dengan lafal yang tepat.
·
Mengamati
dua kelompok benda yang sama jumlahnya, berbe
·
da
jumlahnya untuk menemukan fakta lebih banyak atau lebih sedikit dan sama
banyak.
·
Membilang
tiap kelompok benda dengan batas jumlah 1- 10.
·
Menyebutkan
bilangan yang tepat pada tiap kelompok benda.
·
Membandingkan jumlah benda dan menyatakan lebih
banyak atau lebih sedikit atau sama banyak pada kedua kelompok benda tersebut.
·
Melakukan
hal sama pada dua kelompok benda dengan jumlah yang berbeda.
·
Melakukan
pengamatan terhadap gambar anggota tubuh.
·
Menyanyikan
lagu “ Dua mata saya “
·
Menyebutkan
nama anggota tubuh yang terlihat pada gambar.
·
Menyebutkan
nama anggota tubuh melalui permainan lagu “ Kepala ,pundak lutut kaki …”
·
Menunjukkan
dan menyebutkan nama anggota tubuh
melalui tubuh temannya.
Pertemuan ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
·
Mengenal
titik sebagi awal sebuah gambar.
·
Menggabungkan
beberapa titik untuk membuktikan sebuah garis terdiri dari sekumpulan
titik-titik yang berderet.
·
Membuat garis lurus, garis miring, garis zigzag
dan garis lengkung.
·
Membuat aneka garis ( garis lurus dan garis lengkung
) yang membentuk gambar lingkaran, segitiga, atau persegi.
·
Membuat gambar yang berunsur garis.
·
Mengamati gambar anggota tubuh
·
Menjelaskan
kegunaan dari tiap anggota tubuh dengan menggunakan bahasa yang sederhana.
·
Mewarnai
gambar tubuh dengan warna yang sesuai dan menjelaskan kegunaan dari tiap
anggota tubuh.
Minggu ke 2
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit
( IPA, PKN, Matematika)
·
Mengamati
model/ gambar anggota tubuh.
·
Menyanyikan
lagu “ dua mata saya “
·
Menunjukkan
gambar dan menyebutkan nama-nama anggota
tubuh
·
Menjelaskan
kegunaan dari tiap-tiap anggota tubuh yang diamati.
·
Mengamati
gambar bagian anggota tubuh dan menjelaskan kegunaanya.
·
Meletakkan
kartu yang bergambar bagian anggota tubuh untuk meletakkan
Pada kartu yang bertuliskan kegunaanya.
·
Mengamati
banyak benda yang disediakan guru.
·
Membilang
benda tersebut dengan jumlah berfariasi. ( 11 – 20 )
·
Menyebutkan
nama bilangan sesuai dengan banyak benda.
·
Membandingkan
kembali dua kelompok benda yang berbeda jumlahnya.
·
Menjelaskan
bahwa dua kumpulan benda tersebut lebuh banyak atau lebih sedikit atau sama
banyak.
·
Menyebutkan
nama teman yang berjenis kelamin laki –laki dan perempuan.
·
Memberikan
contoh kegiatan yang dapat dilakukan oleh laki-laki dan perempuan..
·
Melakukan
diskusi sederhana tentang kegiatan yang dapat dapat dilakukan oleh laki-laki
maupun perempuan.
·
Mengambil
kesimpulan bahawa hak dan kewajiban laki-laki sama, ada beberapa hal yang tidak
dapat dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan sebagai kodrat.
Pertemuan ke dua 3 x 35
menit ( Bahasa Indonesia, IPS,
Matematika )
·
Menyimak
tugas yang disampaikan guru dalam mengerjakan tugas.
·
Membuat
bentuk garis, lingkaran di udara dengan posisi memegang alat tulis.
·
Memperhatikan
lembar tugas yang harus dilakukan adalah menjiplak bentuk, garis dan lingkaran
dengan posisi duduk dan memegang alat tulis yang benar.,
·
Menjiplak berbagai bentuk yang mendekati bentuk huruf.
·
Menceritakan
alamat rumah dan alamat sekolah
·
Menceritakan
kegiatan sebelum pergi ke sekolah.
·
Menjelaskan
manfaat mempunyai alamat tempat tinggal
·
Menceritakan
keadaan sekolah, jarak, dan suasana di sekolah.
·
Menyebutkan
bilangan yang tepat untuk jumlah sekumpulan benda.
·
Menuliskan
di udara bentuk bilangan 1 sampai 10.
·
Menuliskan
bilangan yang sesuai dengan banyak benda pada papan tulis.
·
Membaca
nama bilangan yang tertera pada papan tulis.
·
Mengerjakan
latihan menuliskan lambang bilanagn dan membacanya secara
individual
dan klasikal.
Pertemuan ke tiga 3 x 35 menit (
Bahasa Indonesia, Matematika )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar