RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas :
VI (Enam)
Semester :
I (Satu)
Bab 1
Standar
Kompetensi
Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila
sebagai Dasar Negara.
Kompetensi
Dasar
Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses
perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
Indikator
1.
Mendeskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan.
2.
Menjelaskan proses perjuangan meraih kemerdekaan.
3.
Menyebutkan macam-macam perlawanan di daerah pada
masa penjajahan.
4.
Menceritakan arti dan nilai Kebangkitan Nasional.
5.
Menceritakan arti dan nilai yang terkandung dalam
Sumpah Pemuda.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa mampu mendeskripsikan nilai-nilai juang para
pahlawan.
2.
Siswa mampu menjelaskan proses perjuangan meraih
kemerdekaan.
3.
Siswa mampu menyebutkan macam-macam perlawanan di
daerah pada masa penjajahan.
4.
Siswa mampu menceritakan arti dan nilai Kebangkitan
Nasional.
5.
Siswa mampu menceritakan arti dan nilai yang
terkandung dalam Sumpah Pemuda.
B. Materi Ajar
1.
Indonesia dijajah oleh bangsa asing.
2.
Kebangkitan Nasional.
3.
Sumpah Pemuda.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan kontekstual.
2.
Pendekatan Cooperatif Learning.
3.
Diskusi dengan teman sebangku.
4.
Tanya jawab.
5.
Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
pertama
1.
Kegiatan
Awal
a.
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan
kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b.
Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan
selama liburan.
c.
Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang nama dan
asal pahlawan Indonesia.
2. Kegiatan Inti
a.
Semua siswa diminta menyimak teks yang dibaca oleh
siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai Indonesia dijajah oleh bangsa
asing.
b.
Bertanya jawab mengenai suasana pada
masa penjajahan.
c.
Bertanya jawab mengenai bangsa apa
yang pertama kali datang dan menjajah Indonesia.
d.
Guru menunjukkan foto/gambar para
pahlawan daerah dan menanyakan nama dan asalnya.
e.
Guru menjelaskan mengapa timbul perlawanan rakyat
di berbagai wilayah.
f.
Guru bertanya mengapa perlawanan di berbagai
wilayah selalu dapat ditindas.
g.
Bersama pasangan, siswa ditugaskan mendeskripsikan
nilai-nilai juang para pahlawan.
h.
Membaca secara bergantian mengenai Kebangkitan
Nasional.
i.
Berdiskusi mengenai mengapa timbul kesadaran
berbangsa.
j.
Guru menjelaskan asal-usul Hari Kebangkitan
Nasional.
k.
Guru bertanya mengenai nilai-nilai Hari Kebangkitan
Nasional pada masa kini.
l.
Melanjutkan membaca teks mengenai
Sumpah Pemuda.
m.
Menjelaskan kepada siswa mengapa timbul Sumpah Pemuda.
n.
Bersama-sama mengucapkan sumpah pemuda dengan baik
dan sungguh-sungguh.
o.
Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan isi dan
maksud Sumpah Pemuda.
p.
Untuk pengayaan dan untuk mengukur ketercapaian
kompetensi, siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal yang ada di dalam buku
kerja/buku paket PKn yaitu halaman 4.
3. Kegiatan Penutup
a.
Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat kesimpulan
dari materi yang telah dipelajari.
b.
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi
dasar.
c.
Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa
berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E. Sumber/Bahan Belajar
1.
Gambar/foto para pahlawan.
2.
Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk
Sekolah Dasar Kelas 1, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng M.Pd.)
hal. 1-3, 3-4.
3.
Surat Kabar, dst.
F.
Penilaian
Teknik : Tugas
individu.
Bentuk instrumen :
Penilaian lisan, penilaian
unjuk kerja (keberanian anak bercerita).
Contoh instrumen :
1.
Menceritakan mengapa Indonesia dapat dijajah selama
ratusan tahun oleh bangsa asing.
2.
Menjelaskan nilai yang terkandung pada Sumpah
Pemuda untuk diterapkan pada masa sekarang ini.
Mengetahui, __________, ___________________
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran PKn
____________________ ____________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas :
VI (Enam)
Semester :
I (Satu)
Bab 1
Standar
Kompetensi
Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan
Pancasila sebagai Dasar Negara.
Kompetensi
Dasar
Menceritakan secara singkat nilai kebersamaan dalam
proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
Indikator
1.
Menceritakan nilai kebersamaan dalam proses
Perumusan Pancasila.
2.
Menyebutkan isi perumusan Negara RI.
3.
Menyebutkan isi Piagam Jakarta.
4.
Menyebutkan isi Pancasila dengan baik dan tepat.
5.
Memahami nilai tiap butir Pancasila.
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa mampu menceritakan nilai kebersamaan dalam
proses Perumusan Pancasila.
2.
Siswa mampu menyebutkan isi perumusan Negara RI.
3.
Siswa mampu menyebutkan isi Piagam Jakarta.
4.
Siswa mampu menyebutkan isi Pancasila dengan baik
dan tepat.
5.
Siswa mampu memahami nilai tiap butir Pancasila.
B. Materi Ajar
1.
Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
2.
Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan
Indonesia.
3.
Perumusan Dasar Negara RI.
4.
Panitia Sembilan.
5.
Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
6.
Rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18
Agustus 1945.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan kontekstual.
2.
Pendekatan Cooperatif
Learning.
3.
Diskusi kelas.
4.
Tanya jawab.
5.
Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
pertama dan kedua
1.
Kegiatan
Awal
a.
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan
kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b.
Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan apa
saja yang dilakukan setelah pulang dari sekolah.
c.
Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang isi dan
makna Sumpah Pemuda yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Kegiatan Inti
a.
Semua siswa diminta menyimak teks yang dibaca oleh
siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai ”Persiapan Kemerdekaan
Indonesia”.
b.
Bertanya jawab tentang gambaran keadaan bangsa
Indonesia pada masa penjajahan Jepang.
c.
Melanjutkan membaca teks tentang BPUPKI secara
bergiliran.
d.
Bertanya jawab tetang tujuan dibentuknya BPUPKI.
e.
Melanjutkan membaca teks tentang Perumusan Dasar
Negara RI.
f.
Guru bertanya calon rumusan siapakah yang paling
mendekati dengan isi Dasar Negara Pancasila.
g.
Melanjutkan membaca teks mengenai Panitia Sembilan
secara bergiliran.
h.
Guru menjelaskan hasil kerja Panitia Sembilan.
i.
Membaca teks mengenai Panitia
Persiapan Kemerdekaan Indonesia.
j.
Dilanjutkan dengan membaca Rumusan Pancasila yang
disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.
k.
Menyebutkan bersama-sama rumusan Pancasila yang
disahkan.
l.
Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan nilai yang
terkandung pada setiap butir Pancasila.
m.
Membaca kemudian menjelaskan dengan kata-kata
sendiri mengenai makna lambang Garuda Pancasila.
n.
Menyanyikan lagu Gaaruda Pancasila dengan semangat
dan sikap sempurna.
o.
Untuk pengayaan dan untuk mengukur ketercapaian
kompetensi, siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal yang ada di dalam buku
kerja/buku paket PKn yaitu halaman 10.
3. Kegiatan Penutup
a.
Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat
kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
b.
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi
dasar.
c.
Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa
berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
E. Sumber/Bahan Belajar
4.
Gambar/foto Garuda Pancasila.
5.
Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk
Sekolah Dasar Kelas 1, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng M.Pd.)
hal. 4-7, 7-11.
6.
Buku referensi lain.
7.
Surat Kabar, dst.
F. Penilaian
Teknik : tugas
individu.
Bentuk instrumen :
penilaian lisan, penilaian
unjuk kerja (keberanian anak bercerita).
Contoh instrumen : Menjelaskan mengapa terjadi
perubahan dalam rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.
Mengetahui, __________, ___________________
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran PKn
____________________ ____________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas :
VI (Enam)
Semester :
I (Satu)
Bab 1
Standar
Kompetensi
Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan
Pancasila sebagai Dasar Negara.
Kompetensi
Dasar
Meneladani nilai-nilai juang para tokoh yang berperan
dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam kehidupan
sehari-hari.
Indikator
Menerapkan nilai-nilai juang para tokoh perumus
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu menerapkan nilai-nilai juang para tokoh
perumus Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
B. Materi Ajar
Meneladani nilai-nilai perjuangan.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan kontekstual.
2.
Pendekatan Cooperatif Learning.
3.
Diskusi kelas.
4.
Tanya jawab.
5.
Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
pertama
1. Kegiatan Awal
a.
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan
kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b.
Mengajak siswa bertanya jawab tentang kegiatan apa
saja yang dilakukan setelah pulang dari sekolah.
c.
Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang makna Garuda
Pancasila yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
d.
Mengajak siswa untuk menyanyikan lagu Garuda
Pancasila dengan semangat dan bersungguh-sungguh.
2. Kegiatan Inti
a.
Bertanya jawab tentang agama yang diakui di
Indonesia beserta tempat ibadahnya.
b.
Guru menugaskan siswa untuk menjawab pertanyaan
dengan memilih gambar yang tepat sesuai dengan nilai-nilai perjuangan.
c.
Membahas bersama soal-soal.
d.
Guru menugaskan siswa untuk mewarnai dengan baik
jawaban soal yang tepat.
e.
Bertanya jawab mengenai nilai yang dipesankan pada
setiap kasus.
f.
Siswa diingatkan untuk mempelajari kembali materi
mengenai perjuangan meraih kemerdekaan, proses perumusan Pancasila dan
meneladani nilai-nilai perjuangan. Kemudian berlatih soal-soal latihan pada
”Ayo Belajar” hal. 21-24, untuk menghadapi ulangan harian pada pertemuan
berikutnya.
3. Kegiatan Penutup
a.
Bersama-sama dengan seluruh siswa membuat
kesimpulan dari materi yang telah dipelajari.
b.
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi
dasar.
c.
Mengakhiri pelajaran dengan mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan
Kedua
1.
Kegiatan
Awal
Mengajak semua siswa berdoa
sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali ulangan
harian.
2.
Kegiatan
Inti
a.
Siswa diminta untuk menyiapkan kertas ulangan dan
peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan diadakan ulangan harian.
b.
Siswa diberikan lembar soal ulangan harian.
c.
Siswa diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal
ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sanksi bila peserta didik menyontek.
d.
Guru mengumpulkan kertas ulangan jika waktu
pengerjaan soal ulangan harian telah selesai.
E. Sumber/Bahan Belajar
1.
Gambar/foto para pahlawan.
2.
Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk
Sekolah Dasar Kelas 1, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng M.Pd.)
hal. 12-20, 21-24.
3.
Buku referensi lain.
4.
Surat Kabar, dst.
F. Penilaian
Teknik : Tugas
individu.
Bentuk instrumen :
Penilaian lisan, penilaian
unjuk kerja (keberanian anak bercerita).
Contoh instrumen : Menjelaskan mengapa terjadi perubahan
dalam rumusan Pancasila yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945.
__________, ___________________
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran PKn
____________________ ____________________
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Sekolah Dasar (SD)
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas :
VI (Enam)
Semester :
I (Satu)
Bab 2
Standar
Kompetensi
Memahami sistem pemerintahan Republik Indonesia.
Kompetensi
Dasar
Menjelaskan proses Pemilu dan Pilkada.
Indikator
1.
Menceritakan proses pemilu di Indonesia.
2.
Menyebutkan arti dan asas pemilihan umum di
Indonesia.
3.
Menyebutkan tahun-tahun pemilihan umum di Indonesia.
4.
Menyebutkan tiga tahapan dalam pemilu tahun 2004.
5.
Menyebutkan persyaratan calon Presiden dan Wakil
Presiden.
6.
Menyebutkan daftar Presiden RI.
7.
Menyebutkan tugas dan wewenang KPU Pemilu Presiden
dan Wakil Presiden.
8.
Mengetahui larangan-larangan pada pelaksanaan
kampanye.
9.
Menyebutkan aturan-aturan pemilihan Kepala Daerah.
10.
Menyebutkan aturan Peraturan Pemerintah (PP).
Alokasi Waktu : 4x 35 menit (2 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa mampu menceritakan proses pemilu di Indonesia.
2.
Siswa mampu menyebutkan arti san asas pemilihan
umum di Indonesia.
3.
Siswa mampu menyebutkan tahun-tahun pemilihan umum
di Indonesia.
4.
Siswa mampu menyebutkan tiga tahapan dalam pemilu
tahun 2004.
5.
Siswa mampu menyebutkan persyaratan calon Presiden
dan Wakil Presiden.
6.
Siswa mampu menyebutkan daftar Presiden RI.
7.
Siswa mampu menyebutkan tugas dan wewenang KPU
Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.
8.
Siswa mampu menyebutkan larangan-larangan pada
pelaksanaan kampanye.
9.
Siswa mampu menyebutkan aturan-aturan pemilihan
Kepala Daerah.
10.
Siswa mampu menyebutkan aturan Peraturan Pemerintah
(PP).
B. Materi Ajar
1.
Arti dan asas Pemilu
2.
Pelaksanaan Pemilu
3.
Proses Pemilu Presiden dan Wakil Presiden
4.
Pemilihan Kepala Daerah
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan kontekstual.
2.
Pendekatan Cooperatif Learning.
3.
Diskusi dengan teman sebangku.
4.
Tanya jawab.
5.
Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
pertama dan kedua
1.
Kegiatan
Awal
a.
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan
kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b.
Membahas tugas yang pekerjaan rumah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar