RENCANA PELAKSAAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : V / I
Pertemuan : 1,2
Alokasi
Waktu : 6 x 35 menit
Standar
Kompetensi :1. Menghargai peninggalan dan tokoh sejarah yang
berskala nasional
Pada hindu ,budha dan islam
Keragaman kenampakan alam dan suku bangsa
serta kegiatan eko-
nomi di Indonesia
Kompetensi
Dasar : 1.1
Mengenal makna peninggalan –peninggalan sejarah yang berskala
nasional dari masa hindu budha dan
islam di Indonesia
Indikator : - Menjelaskan dan menyimpulkan gambar
peningggalan bersejarah
mulai Hindu budha dan islam di Indonesia
-
Mengidentifikasi bukti-bukti peninggalan
sejarah di Indonesia
(dalam bentuk gambar ) pada CD
-
Menggambar sebuah gambar peninggalan bersejarah
(Hindu,Budha dan Islam)
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui gambar dan lihat CD sisiwa dapat
- Menyimpulkan isi gambar peninggalan sejarah mulai dari Hindu Budha dan Islam
- Mengidentifikasi bukti-bukti peninggalan sejarah di Indonesia (dalam bentuk gambar) pada CD
- Menggambar masing-masing sebuah gambar peninggalan sejarah (Hindu Budha dan Islam)
II. MATERI AJAR
: Peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu Budha dan Islam di
Indonesia
III.
METODE PEMBELAJARAN
- Diskusi
- Pemberian tugas
- Tanya jawab
IV.
LANGKAH –LANGKAH PEMBELAJARAN
- Kegiatan Awal (20 menit)
-
Memperhatikan dan memahami gambar
peninggalan bersejarah berskala nasional
mulai Hindu Budha dan Islam di Indonesia
-
Tanya jawab tentang gambar yang di pasang
- Kegiatan Inti (170 menit)
-
Menuliskan isi gambar yang dipasang sesuai
dengan pendapat masing-masing
-
Tanya jawab tentang isi gambar
-
Secara berkelompok mendiskusikan gambar
peninggalan bersejarah
-
Menyimpulkan hasil diskusi di tulis di buku
masing-masing
-
Menetapkan hasil diskusi
- Kegiatan Akhir (20 menit)
-
Mengadakan evaluasi
-
Siswa diberi tugas untuk mengulang kembali
pelajaran yang sudah diberikan di rumah
V.
SUMBER / ALAT /MEDIA
- Sumber belajar : B. IPS klas V
Gambar peninggalan sejarah (Hindu Budha dan
Islam di Indonesia)
- Alat/media : CD yang berisikan tentang peninggalan sejarah
VI.
PENINGGALAN
- Tertulis
LAMPIRAN I
Soal /tes
- Sebutkan masing-masing 2 contoh peninggalan sejarah masa Hindu/Budha dan Islam di
Indonesia
Hindu : a………………….
b………………….
Budha : a………………….
b…………………..
Islam : a……………………
b………………….
- Ceritakan sedikit tentang peninggalan bersejarah berskala nasional mulai pada masa Hindu Budha dan Islam di Indonesia ?
LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
Pertemuan II
- Sebutkan kerajaan bercorak Hindu ?
a.
b.
c.
- Apa sajakah yang termasuk peninggalan bercorak Hindu ?
- Prasasti kedukan bukit termasuk peninggalan bersejarah agama apa ?
- Tuliskan bukti-bukti peninggalan kerajaan Islam ?
- Sebutkan 5 karya sastra peninggalan agama Hindu !
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : V / I
Pertemuan
ke : 3,4 dan 5
Alokasi
Waktu : 9 x 35 menit
Standar
Kompetensi : 1.
Menghargai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional
Pada masa hindu budha dan islam,Keragaman
kenampakan alam dan
Suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia.
Kompetensi
Dasar :
1.2 Menceritakan tokoh sejarah pada masa hindu budha dan islam di
Indonesia.
Indikator : 1. Menyebutkan
tokoh-tokoh sejarah pada masa hindu budha dan islam
Di Indonesia
2. Menceritakan dan mengumpulkan tokoh
sejarah pada masa hindu
budha dan Islam di Indonesia
3. Menyimpulkan isi CD yang dilihat
menggunakan bahasa sendiri
I TUJUAN
PEMBELAJARAN
Dengan memperhatikan gambar dan melihat CD siswa
dapat
-
Menyebutkan tokoh-tokoh sejarah pada masa
hindu budha dan islam di Indonesia
-
Menceritakan dan menyimpulkan tokoh sejarah
pada masa Hindu Budha dan Islam di Indonesia
-
Menyimpulkan isi CD yang dilihat dengan
menggunakan bahasa sendiri
II
MATERI AJAR
-
Tokoh-tokoh sejarah pada masa hindu budha
dan islam di Indonesia
III
METODE PEMBELAJARAN
-
Demonstrasi
-
Tanya jawab
IV
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
- Kegiatan Awal ( 30 menit)
-
Siswa memasang gambar tokoh – tokoh sejarah
pada masa hindu budha dan islam di Indonesia
-
Tanya jawab tentang gambar yang dipasang
- Kegiatan Inti (255 menit)
-
Menyebutklan nama-namatokoh sejarah pada
masa hindu budha dan islam di Indonesia
-
Masing –masing siswa menyebutkan 2 tokoh
-
Secara berkelompok siswa mendiskusikan
tokoh-tokoh sejarah pada masa hindu budha dan islam di Indonesia
-
Menuliskan hasil diskusi
-
Mengumpulkan laporan hasil diskusi
- Kegiatahn akhir (30 menit)
-
Mengadakan evaluasi
-
Siswa diberikan tugas mencari tokoh sejarah
selain yang ada pada gambar yang dipasang
V
SUMBER/ALAT/MEDIA
1. Sumber :
Gambar tokoh-tokoh sejarah pada masa hindu budha dan islam di Indponesia
2. Alat/media :
Gambar tokoh sejarah
Buku penunjang lainnya yang serajat
VI
PENILAIAN
Pertemuan I
- Ajaran agama Hindu berasal dari negara………………….
- Tarumanegara adalah kerajaan Hindu pertama di………….
- Kerajaan singosari didirikan oleh……………………
- Kitab suci agama Hindu adalah…………….
- Isi sumpah palapa………………………..
Pertemuan II
- Bergiliran menceritakan secara singkat tokoh sejarah masa Hindu ,Budha dan Islam
Pertemuan III
- Apa fungsi gedong kuning pada keraon Yogyakarta ?
- Apa yang dimaksud dengan saka majapahit pada masjid Demak ?
- Buatlah cerita secara singkat tentang manfaat candi Borobudur menurut pendapatmu !
- Buatlah kliping tentang benda-benda peninggalan Hindu !
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : IPS
Kelas
/ Semester : V/I
Pertemuan : 6,7,8,dan 9
Alokasi
Waktu : 12 x 35 menit
Standar
Kompetensi : 1.
Menghargai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional
Pada masa hindu budha dan islam di Indonesia
.
Keragaman ,kenampakan alam dan suku
bangsa serta kegiatan
Ekonomi di Indonesia
Kompetensi
Dasar : 1.3
Mengenal kergaman dan kenampakan alam buatan serta pembagian
Wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta
/atlas/globe
Dan media lainnya
Indikator : 1. Membedakan antara
gambar,peta globe Indonesia
2. Menjelaskan keragaman dan kenampakan alam
pada peta
3.
Menunjukkan pembagian wilayah waktu di Indonesia
4. Menceritakan kenampakan alam buatan peta globe
I
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui ddan memahami gambar peta /atlas dan globe
siswa dapat :
- Menunjukakn dan membedakan gambar peta/atlas dan globe
- Menjelaskan keragaman dan kenampakan alam pada peta
- Menunjukkan pembagian wilayah waktu di Indonesia pada peta
- Menceritakan kenampakan alam buatan pada globe
II
MATERI AJAR
Kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah
waktu di Indonesia
dengan menggunakan peta /globe
III
METODE PEMBELJARAN
- Pemberian tugas
- Tanya jawab
- Diskusi
IV
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
- Kegiatan Awal (30 menit)
-
Memasang peta dan globe
-
Tanya jawab tentang peta dan globe yang
ditunjukkan
- Kegiatan Inti (255 menit)
-
Menunjukkan letak Indonesia pada peta dan globe serta
memahami batas-batasnya
-
Tanya jawab antara siswa dan siswa
-
Menjelaskan keragaman dan kenampakan alam
pada peta/globe
-
Secara berkelompok dapat menunjukkan
pembagian wilayah waktu di Indonesia
-
Masing-masing kelompok melaporkan hasil
kerjanya
-
Bergiliran maju ke depan menunjukkan
pembagian waktu di Indonesia
- Kegiatan Akhir (30 menit)
-
Mengadakan evaluasi
-
Siswa diberikan tugas di rumah untuk
mengulang kembali materi yang diajarkan
V
SUMBER ALAT/MEDIA
1. Sumber :
Buku paket tentang kenampakan alam serta pembagian wilayah waktu di
Indonesia
2. Alat/Media :
- Buku penunjang
-
Peta/globe
VI PENILAIAN
LAMPIRAN
Pertemuan I
- Gambar peta Indonesia
Pertemuan II
- Mendiskusikan dan menunjukkan pembagian wilayah waktu di Indonesia pada peta
Pertemuan III
- Diskusikan dengan teman kelompokmu tentang kenampakan alam buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : V / I
Pertemuan :10,11,12 dan 13
Alokasi
Waktu : 12 x 35 menit
Standar
Kompetensi : 1.
Menghargai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional
Pada masa hindu budha dan islam di Indonesia
. Keragaman ,kenam-
Pakan alam dan suku bangsa serta
kegiatan ekonomi di Indonesia
Kompetensi
Dasar : 1.4
Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
Indikator : 1. Membedakan budaya
antara suku bangsa yang ada di Indonesia
2. Menyimpulkan gambar keragaman suku bangsa
dan budaya di Indo-
nesia (berbentuk penjelasan pada gambar)
3. Menjawab pertanyaan tentang gambar
keragaman suku bangsa dan
budaya di Indonesia
I
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui gambar keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
siswa dapat
- Membedakan budaya antara suku bangsa yang ada di Indonesia
- Menyimpulkan gambar keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia (berbentuk penjelasan pada gambar)
- Menjawab pertanyaan tentang gambar keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
II
MATERI AJAR
Keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
III
METODE PEMBELAJARAN
- Tanya jawab
- Pemberian tugas
- Diskusi
IV
LANGKAH –LANGKAH PEMBELAJARAN
- Kegiatan Awal (40 menit)
-
Memasang gambar keragaman suku bangsa dan
budaya di Indonesia
-
Tanya jawab tentang gambar yang dipasang
- Kegiatan Inti (340 menit)
-
Membedakan budaya antar suku bangsa dan
budaya di Indonesia
sesuai dengan gambar yang dipasang
-
Tanya jawab tentang gambar
-
Secara kelompok siswa berdiskusi tentang
keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
-
Masing-masing melaporkan hasil diskusi
-
Menjawab pertanyaan tentang keragaman suku
bangsa dan budaya di Indonesia
- Kegiatan Akhir (40 menit)
-
Mengadakan evaluasi hasil diskusi
-
Memberi kesimpulan tentang hasil diskusi
-
Memberi tugas di rumah untuk mencari gambar
–gambar lain tentang keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
-
Hasil dari siswa di pasang
V
SUMBER ALAT/MEDIA
1. Sumber :
- Buku paket tentang keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
2. Alat/Media :
- Buku penunjang yang ada hubungannya dengan materi
- gambar-gambar
VI PENIALAIAN
Pertemuan I
- Budaya nasional bersumber dari budaya…………..
- Budaya daerah dapat memperkuat…………..
- Budaya daerah memperkaya budaya nasional karena……………..
- Wawasan nusantara adalah……………………….
- Manfaat wawasan nusantara adalah……………………..
Pertemuan II
- Anak membuat kliping gambar keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
Pertemuan III
- Mengapa rakyat Indonesia dikatakan sebagai masyarakat agraris ?
- Jelaskan perbedaan antara barang jadi dengan barang setengah jadi ?
- Jelaskan cara menghargai kegiatan seseorang dalam usaha ?
- jelaskan cara mencintai barang produksi dalam negeri ?
- Orang atau lembaga yang menggunakan hasil produksi disebut ?
silabusnya pak?
BalasHapusIJIN COPY.BOS
BalasHapuskok aneh ya gada evaluasinya sama penilaiananya buat yang keragaman kenampakan serta pembagian waktu wilayahnya.. butuh banget padahal biar bisa di copas
BalasHapusSilabus nya pak
BalasHapus