RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Mata Pelajaran : IPS
Kelas / semester : IV / I
Pertemuan ke : 1
Alokasi waktu : 3 ´ 35
Standar
Kompetensi :
1. Memahami sejarah kenampakan
alam dan keragaman suku bangsa dilingkungan kabupaten/ kota dan propinsi
Kompetensi Dasar : 1.1 Membaca
peta lingkungan setempat (kabupaten, kota,
propinsi) dengan sekala sederhana
Indikator : - Membaca peta kabupaten Bojonegoro
Propinsi Jawa Timur dengan menggunakan symbol-simbolnya.
I. Tujuan Pembelajaran :
- Siswa mampu membaca peta kabupaten Bojonegoro
- Siswa mampu mengidentifikasi symbol-simbolnya
II. Materi Ajar : Peta dan komponennya
III. Metode Pembelajaran
1. Pemberian tugas
2. Diskusi
3. Tanya jawab
IV. Lankah-langkah
Pembelajaran
A. Kegiatan Awal (10 menit )
1. Menunjukkan peta kabupaten
2. Menunjukkan batas-batas
kabupaten
3. Mengamati peta kabupaten
Bojonegoro
B. Kegiatan Inti (90 menit)
1. Menunjukkan peta kabupaten
Bojonegoro
2. Siswa membuka catatan
3. Mengamati peta kabupaten
Bojonegoro
4. Menemukan komponen-komponen
atau symbol-simbol yang ada di peta tersebut
5. Mencatat komponen-komponen
atau symbol-simbol yang ada di peta tersebut. Contoh: banyaknya kecamatan yang
ada pegunungan dan gunung, waduk, sungai.
6. Tanya jawab tentang isi
peta/ atlas/ globe
7. Mendiskusikan makna tiap
symbol yang ada dalam peta
8. Bermain kartu mencocokkan
symbol dan maknanya
9. Menulis hasil permainan di
kertas manila
10. Mencatat hasil permainan di
buku catatan
C. Kegiatan Akhir (10 Menit )
1. Menyelesaikan soal isian
sebanyak 5 soal
2. Memajang hasil permainan
3. Pesan-pesan guru
V. Sumber / Alat / Media
1.
Sumber Belajar : Buku IPS kelas IV
2.
Alat / Media : Peta, atlas, globe
VI. Penilaian
1. Tes Tulis
Lampiran
Tes Tulis
-
Isilah
titik-titik dibawah ini dengan tepat !
- Kertas tembus pandang untuk menjiplak peta disebut ?
- Warna hitam pada peta menunjukkan ?
- Warna coklat poada peta menunjukkan ?
- Wana biru pada peta menunjukkan ?
- Segi tiga merah pada peta menunjukkan ?
- Segitiga warna hitam pada peta menunjukkan ?
- Kabupaten Bojonegoro ada …… Kecamatan
- Nama Pegunungan yang ada disebelah selatan Bojonegoro ?
- Garis yang membujur pada peta disebut garis ?
- Garis yang menghitung pada peta disebut garis ?
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Mata pelajaran : IPS
Kelas / semester : IV / I
Pertemuan ke : II
Alokasi waktu :
3 ´ 35
Standar
Kompetensi :
1. Memahami sejarah kenampakan
alam dan keragaman suku bangsa dilingkungan kabupaten/ kota dan propinsi
Kompetensi
Dasar :
1.1 Membaca peta lingkungan
setempat (kabupaten, Kota,
Propinsi) dengan skala sederhana
Indikator :
Membaca peta Kabupaten Bojonegoro Propinsi Jawa Timur dengan menggunakan
symbol-simbolnya
I. Tujuan Pembelajaran :
- Siswa dapat mengidentifikasi
makna symbol-simbol yang terdapat dalam peta Kabupaten, kota, dan Propinsi
II. Materi Ajar : Peta dan komponennya
III. Metode Pembelajaran
1. Pemberian tugas
2. Ceramah
3. Tanya Jawab
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal (5 Menit)
-
Menyebutkan
nama kecamatan yang ada dikabupaten Bojonegoro secara urut
-
Menyebutkan
nama waduk yang ada di Bojonegoro
-
Menyebutkan
nama sungai dan pegunungan yang ada di Bojonegoro
B. Kegiatan Inti (70 Menit)
-
Menyiapakan
peta propinsi Jawa Timur
-
Mengamati
peta Propinsi Jawa Timur
-
Mengadakan
Tanya jawab tentang isi peta
-
Mendiskusikan
makna tiap symbol yang ada dalam peta
-
Mencatat
hasil diskusi
-
Mencocokkan
hasil diskusi
C. Kegiatan Akhir (10 Menit)
1. Mengerjakan tes tulis
2. Mencocokkan tes tulis tersebut
3. Menyanyikan lagu wajib “dari sabang sampai
merauke”
V.
Alat / bahan / Sumber Belajar
1. Buku IPS kelas IV
2. Peta dan Atlas dunia
VI.
Penilaian
1. Tes tulis
Lampiran
Isilah tiotik dibawah ini dengan jawaban
yang benar !
1. Apakah yang dimaklsud dengan peta ?
2. Apakah yang dimaksud dengan skala ?
3. Jelaskan fungsi skala peta ?
4. Apakah yang dimaksud dengan garis koordinat
?
5. Suatu peta mempunyai 1 : 100.000. Jelaskan
artinya ?
6. Jelaskan dua cara dalam memperkecil peta ?
7. Simbol jangkar menunjukkan ?
8. Simbol pesawqat menunjukkan ?>
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Mata Pelajaran : IPS
Kelas / semester : IV / I
Pertemuan ke : III
Alokasi waktu : 3 ´ 35
Standar
Kompetensi :
1. Memahami sejarah kenampakan
alam dan keragaman suku bangsa dilingkungan kabupaten/ kota dan propinsi
Kompetensi
Dasar : 1.2 Mendiskripsikan
kenampakan alam dilingkungan kabupaten, kota
dan propinsi serat hubungan dengan keragaman
Indikator : - Mengidentifikasi cirri-ciri dan manfaat
kenampakan alam, serta cirri-ciri social dan budaya di kabupaten, kota dan propinsi setempat
I. Tujuan Pembelajaran :
- Siswa dapat mengamati peta
kenampakan alam yang ada dipropinsi setempat
- Siswa dapat mengidentifikasi
cirri-ciri kenampakan alam dan manfaat alam, serta cirri-ciri social budaya
II. Materi Ajar : Kenampakan alam dan keragaman lingkungannya
III. Metode Pembelajaran
1. Pemberian tugas
2. Diskusi
3. Tanya jawab
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
A. Kegiatan Awal (5 menit)
1. Mengadakan Tanya jawab
sekitar peta propinsi Jatim
2. Menyebutkan batas-batas
propinsi Jatim
3. Menyebutkan nama-nama
ibukota propinsi Jatim
4. Menyanyikan lagu seorang
pelaut
B. Kegiatan Inti (80 menit)
1. Menyiapkan peta, atlas,
propinsi jawa timur
2. Menyebutkan batas-batas
propinsi Jatim
3. Mengidentifikasi cirri-ciri
kenampakan alam
4. Menyebutkan berbagai
peristiwa alam
5. Menyebutkan manfaat
kenampakan alam
6. Menyebutkan cirri-ciri
social dan budaya
C.
Kegiatan Akhir (5 Menit)
1. Menyebutka empat nama
gunung berapi di propinsi Jatim
2. Menyebutkan nama bendungan
yang ada di propinsi Jatim
3. Menyebutkan gunanya
bendungan
4. Menyanyikan lagu “
Naik-naik kepuncak gunung “
V. Alat / Bahan / Sumber
belajar
1. Buku IPS kelas IV
2.
Peta / Atlas
3. Bank soal
VI.
Penilaian :
1. Porto Folio
Lampiran
Perhatikan Daftar berikut ini.Coba
lengkapi Daftar Sumber Daya Alam !
Kabupaten / Kota / Propinsi
No
|
Nama Sungai dan Danau
|
Propinsi
|
1.
|
Sungai Mahakam
|
|
2.
|
Sungai Musi
|
|
3
|
Sungai Bengawan Solo
|
|
4
|
Sungai Berantas
|
|
5
|
Sungai Citarum
|
|
6
|
Sungai Asahan
|
|
7
|
Sungai Kapuas
|
|
8
|
Danau Toba
|
|
9
|
Danau Maninjau
|
|
10.
|
Danau Karona
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Mata pelajaran : I P S
Kelas / semaster : IV / I
Pertemuan ke : IV
Alokasi waktu : 3 ´ 35
Standar
Kompetensi :
1. Memahami sejarah kenampakan alam dan keragaman suku bangsa
dilingkungan kabupaten/ kota
dan propinsi
Kompetensi
Dasar :
1.2 Mendiskripsikan kenampakan
alam dilingkungan kabupaten, kota
dan propinsi serat hubungan dengan keragaman.
Indikator :
Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa alam (missal : gempa bumi, banjir, letusan
gunung berapi, angina topan)
I. Tujuan Pembelajaran :
- Siswa dapat menyebutkan
penyebab terjadinya bencana alam
- Siswa dapat m,enyebutkan
setelah terjadinya bencana alam
- Siswa dapat mengidentifikasikan
peristiwa-peristiwa lam
II. Materi Ajar : Kenampakan alam dan keragaman lingkungan
III. Metode Pembelajaran
1. Pemberian tugas
2. Diskusi
3. Tanya jawab
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal (5 Menit )
-
Mengadakan
Tanya jawab sekitar kenampakan alam
-
Menyebutkan
sungai yang melewati kota
Bojonegoro
-
Menyebutkan
bendungan yang terbesar di Propinsi Jatim
-
Menyanyika
lagu “Dari sabang sampai merauke”
B. Kegiatan Inti ( 70 Menit )
-
Mengidentifikasi
peristiwa alam
-
Menyebutkan
penyebab akibat dari gempa bumi
-
Menyebutkan
akibat dari gunung meletus
-
Menyebutkan
akibat dari banjir
-
Menyebutkan
akibat dari erosi/ tanah longsor
-
Menyebutkan
akibat dari kemarau panjang
-
Menyebutkan
akibat dari tsunami
-
Menybutkan
akibat dari angina Bakorok dan angina gading
C. Kegiatan Akhir ( 5 Menit )
- Memberi
penjelasan tentang Bencana alam
V.
Alat / Bahan / Sumber Belajar
1. Buku IPS kelas IV
2. Peta / Atlas
VI.
Penilaian
1. Tes tulis
Lampiran
Tes Tulis
Isilah
titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !
1. Angin Bakorok atau angina gending bertiup
dari daerah ?
2. Cairan batu yang sangat panas keluar dari
gunung berapi disebut ?
3. Lumpur panas yang keluar dari gunung berapi
adalah ?
4. Selat sunda terdapat gunung ?
5. bagian laut yang menjorok kedataran disebut
?
6. Batas daratan dan lautan disebut ?
7. Laut sempit yang menghubungkan dua pulau
disebut ?
8. Genangan airv yang dikelilingi daratan
disebut ?|
9. Daratan luas yang dikelilingi laut disebut ?
10. Tempat jatiuhnya air sungi kelaut disebut ?
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
R P P )
Mata Pelajaran : IPS
Kelas / semester : IV / I
Pertemuan ke : V
Alokasi waktu : 3 ´ 35
Standar
Kompetensi :
1. Memahami sejarah kenampakan
alam dan keragaman suku bangsa dilingkungan kabupaten/ kota dan propinsi
Kompetensi
Dasar : 1.2 Mendiskripsikan kenampakan alam
dilingkungan kabupaten, kota
dan propinsi serat hubungan dengan keragaman
Indikator : - Mengidentifikasi
cirri-ciori dan manfaat kenampakan alam, serta cirri-ciri social dan budaya
dari kabupaten, kota
dan propinsi setempat
I. Tujuan Pembelajaran :
- Siswa mampu mengidentifikasi
cirri-ciri social dan budaya di kabupaten
- Siswa mampu
mengidentifikasiciri-ciri social dan budaya di propinsi setempat
II.
Materi Ajar : Kenampakan alam dan keragaman lingkungan
III. Metode Pembelajaran
1. Pemberian tugas
2. Diskusi
3. Tanya jawab
IV. Langkah- langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal ( 5 Menit )
-
Menyebutkan
macam-macam kenampakan alam
-
Menyebutkan
peristiwa-peristiwa alam
-
Menyebutkan
cara menanggulai banjir
-
Menyebutkan
nama propinsi yang di landa Tsunami
-
Menyebutkan
nama daerah yang sering dilanda angina bakorok dan angina gendeng
B. Kegiatan Inti ( 70 Menit )
-
Menunjukkan
peristiwa-peristiwa laam yang ada hubungannya dengan kehidupan social dan
budaya dengan segala-galanya
-
Mendiskripsikan
bencana alam dengan kehidupan social dan budaya
-
Menyebutkan
akibat dari bencana alam bagi kehidupan social dan budaya
-
Menyebutkan
akibat dari kemarau
-
Menyebutkan
tempat-tempat wisata yang ada dikabupaten dan propinsi setempat
C. Kegiatan Akhir ( 5 Menit )
-
Menybutkan
proses terjadinya tanah longsor
-
Tanggung
jawab siapakah kelestarian alam dibumi ini
-
Apa
yang haris kita lakukan jika terjasi gempa bumi
-
Apakah
manfaat yang dapat kita ambil setelah letusan gunung merapi
IV. Alat / Bahan /
Sumber Belajar
1. Buku IPS kelas IV
2. Bank soal
3. Atlas
4. Gambar Peristiwa alam
V. Penilaian
1. Test tulis
Lampiran
Test Tulis
Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang benar !
1. Alam dan isinya diciptakan oleh ?
a. Tuhan b.
Manusia c. Alam d. Semua benar
2. Hutan gundul akan mengakibatkan ?
a. Banjir b.
Erosi d. Bencana
alam d. Semua benar
3. Gunung meletus mengeluarkan ?
a. Api b.
Lava c. Air d. Batu
4. Gelombang air laut dahsyat disebut ?
a. Toppan b.
pasang c. Tsunami d. Tornado
5. Berikut ini adlah contoh-contoh bencana
alam, kecuali ?
a. Gemp[a bumi b. Tanah longsor c.
Banjir d. hujan
6. Bukit besar yang memiliki puncak lereng dan
lembah ?
a. Bukit b.
Gunung c. Pegunungan d. Perbukitan
7. Pegunungan bukit barisan terdaapat di pulau?
a. Sumatra b.
Kalimantan c. Jawa d. Sulawesi
8. Selat Sunda menghubungkan pulau Sumatra dan pulau ?
a. Sumatara b.
Kaliman c. Jawa d. Sulawesi
9. Kepulauan yang terletak di Propinsi DKI
Jakarta ialah ?
a. Kepulauan Karimu jawa c. Kepulauan
Lingga
b. Kepulauan Riau d.
Kepulauan Seribu
10. Pantai terkenal yang terdaopatdi Jawa Barat
?
a. Lokuga b.
Pelabuhan Ratu c. Kuta d. Ancol
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Mata
Pelajaran : IPS
Kelas
/ semester : IV / I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar