1. PERTANIAN
ALOKASI WAKTU : 3 MINGGU
A. STANDAR KOMPETENSI
I.
PKN
4. Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
II. IPS
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
III. IPA
4. Memahami berbagai cara gerak benda,
hubungannya dengan energi dan sumber
IV. Matematika
3. Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya
dalam pemecahan masalah
V. Bahasa Indonesia
5. Memahami cerita dan teks drama anak yang
dilisankan
6. Menguangkapkan pikiran, perasaan dan
pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7. Memahami teks dengan membaca intensif (150 –
200 kata) dan membaca puisi
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi
dalam karangan sederhana dan puisi
B. KOMPETENSI DASAR
PKN
|
:
|
4.1
|
Mengenal kekhasan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan,
kekayaan alam, keramahtamahan.
|
IPS
|
:
|
2.2
|
Memahami pentingnya semangat kerja
|
IPA
|
:
|
4.2
4.3
5.2
|
Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh
energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya
Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan
sehari-hari
|
Matematika
|
:
|
3.1
|
Mengenal pecahan sederhana
|
Bahasa Indonesia
|
:
|
5.1
|
Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita
pengalaman taman yang didengarnya
|
|
|
5.2
6.2
7.1
8.1
|
Menirukan dialog dengan eksperimen yang tepat dari
pembacaan teks drama anak yang didengarnya
Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat
atau didengar
Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi
teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif.
Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri
menggunakan pilihan kata dan kalimat yangtepat dengan memperhatikan
penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik
|
C. INDIKATOR
PKN
|
:
|
§ Menyebutkan
kekayaan alam hasil hutan
§ Menyebutkan
manfaat sungai
§ Menyebutkan
tanaman palawija yang ditanam di Indonesia
§ Mengidentifikasi
hasil laut
|
IPS
|
:
|
§ Menjelaskan
alasan orang harus bekerja
§ Menjelaskan
pentingnya memiliki semangat kerja
§ Menjelaskan
ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
|
Bahasa Indonesia
|
:
|
§ Mendengarkan
pembacaan teks berisi petunjuk melakukan sesuatu
§ Melakukan
percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan teman
§ Menceritakan
kembali bencana alam yang dilihat di televisi
§ Menceritakan
kembali bencana alam yang dibacanya di media cetak
§
Membaca
bacaan agak panjang secara intensif
§ Membuat
karangan dari pikiran sendiri dengan bantuan gambar
§ Menulis
kalimat berita
§ Memilih
kalimat berita
§ Menulis
pokok-pokok pikiran dalam bacaan
§ Menyatakan
pendapat terhadap suatu pernyataan
|
IPA
|
:
|
§ Menyebutkan
pengertian angin
§ Menunjukkan pengertian
angin
§ Menunjukkan
adanya energi berdasarkan pengamatan
§ Menyebutkan
benda-benda yang dapat bergerak oleh angin
§ Membuat
daftar sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita
§ Menjelaskan
tujuan penggunaan sumber energi
§ Menjelaskan
angin untuk menggerakkan benda-benda
|
Matematika
|
:
|
§ Membuktikan
pecahan-pecahan setengah, seperempat
§ Membuktikan
pecahan-pecahan sepertiga, seperenam
§ Menulis
lambang pecahan setengah, seperempat
§ Menulis
lambang pecahan sepertiga, seperenam
§ Membaca
bilangan pecahan setengah, seperempat
§ Membaca
lambang pecahan sepertiga, seperenam
§ Menyajikan
nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar
|
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
PKN
|
:
|
§ Siswa dapat
mendeskripsikan letak geografis Indonesia
§ Siswa dapat
menyebutkan hasil hutan dan manfaatnya
§ Siswa dapat
menyebutkan jenis-jenis hutan dan tujuannya
§ Siswa
menyebutkan jenis-jenis bahan tambang
§ Siswa dapat
menyebutkan hasil laut
§ Siswa dapat
menyebutkan manfaat sungai
§ Siswa dapat
menyebutkan tanaman palawija yang bisa ditanam di Indonesia
|
IPS
|
:
|
§ Siswa dapat
menjelaskan pentingnya semangat kerja
§ Siswa dapat
menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
§ Siswa dapat
menjelaskan alasan orang harus bekerja
|
IPA
|
:
|
§ Siswa dapat
menyebutkan pengertian angin
§ Siswa dapat
menunjukkan adanya energi berdasarkan pengamatan
§ Siswa dapat
menebutkan benda-benda yang dapat bergerak oleh angin
§ Siswa dapat
membuat daftar sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita
§ Siswa dapat
menjelaskan tujuan penggunaan sumber energi
§ Siswa dapat
menjelaskan angin untuk menggerakkan benda-benda
|
Matematika
|
:
|
§ Siswa dapat membuktikan
pecahan 1/2, 1/4
§ Siswa dapt
membuktikan pecahan 1/3, 1/6
§ Siswa dapat
menulis lambang pecahan 1/2, 1/4
§ Siswa dapat membilang
pecahan dengan lambang 1/2. 1/4
§ Siswa dapat
menulis lambang pecahan 1/3, 1/6
§ Siswa dapat
membaca lambang pecahan 1/3, 1/6
§ Siswa dapat
menyajikan nilai pecahan dengan
menggunakan berbagai bentuk gambar
|
Bahasa Indonesia
|
:
|
§ Siswa dapat
mendengarkan penjelasan tentang petunjuk melakukan sesuatu
§ Siswa dapat
melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan teman
§ Siswa dapat
menceritakan kembali bencana alam yang dilihat di televisi
§ Siswa dapat
menceritakan kembali bencana alam yang dibacanya dari media cetak
§ Siswa dapat
membacakan bacaan agak panjang secara intensif
§ Siswa dapat
membuat karangan sendiri dengan bantuan gambar
§ Siswa dapat
menulis kalimat berita
§ Siswa dapat
memilih kalimat berita
§ Siswa dapat
menulis pokok-pokok pikiran dalam bacaan
§ Siswa dapat
menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
|
II. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
·
Mengisi daftar kelas, berdo’a
, mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
·
Memotivasi siswa untuk
mengeluarkan pendapat.
·
Mengajukan beberapa pertanyaan
materi minggu yang lalu
B. Kegiatan Inti
Minggu I :
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit (
IPA, PKn, Matematika)
IPA
·
Siswa
melakukan pengamatan terhadap angin yang dihasilkan oleh kipas angin.
·
Siswa
menjelaskan bahwa angin memiliki energi
·
Siswa
menjelaskan bahwa angin dapat menimbulkan energi gerak
PKN
·
Siswa
menjelaskan pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kekayaan alam
·
Siswa
diminta menyebutkan 1 contoh kekayaan alam yang berupa hasil hutan
·
Siswa
menjelaskan jenis-jenis hutan beserta fungsinya
·
Siswa
tanya jawab mengenai fungsi hutan
·
Siswa
menjelasakan akibat dari penebangan pohon secara liar
·
Siswa
menjelaskan tanah mengandung bahan-bahan tambang yang berguna bagi manusia
·
Siswa
menjelaskan penggolongan bahan tambang
Matematika
·
Siswa
dapat membuktikan pecahan 1/2, 1/4
·
Siswa
dapat membuktikab pecahan 1/3, 1/6
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit
(B. Indonesia, IPS, Matematika)
Bahasa Indonesia
·
Setelah
mendengarkan penjelasan petunjuk melakukan sesuatu
·
Siswa
mencatat pokok-pokok penjelasan
·
Siswa
meringkas penjelasan yang didengar
IPS
·
Guru
memberi pertanyaan kepada siswa tentang pekerjaan orang tua, untuk apa orangtua
bekerja
·
Guru
menjelaskan pentingnya suatu keeterampilan agar mudah mendapat pekerjaan
·
Guru
menjelaskan pentingnya orang memiliki semangat kerja
Matematika
·
Guru
memberi contoh cara menulis lambang pecahan 1/2, 1/4
·
Guru
bersama siswa membaca lambang pecahan 1/2, 1/4
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit
(B. Indonesia, Matematika, IPA)
Bahasa Indonsia
·
Guru
memberi tugas kepada siswa untuk mencatat berita tentang bencana alam yang
didengar
·
Siswa
menceritakan kembali tentang bencana alam yang dilihat di televisi
Matematika
·
Guru
memberi contoh menulis lambang pecahan 1/3, 1/6
·
Guru
bersama siswa membaca lambang pecahan 1/3, 1/6
IPA
·
Guru
menjelaskan angin memiliki energi untuk menggerakkan band-benda]
·
Siswa
memberi contoh benda-benda yang dapat digerakkan oleh angin.
ý
Pertemuan IV : 3 x 35
menit (B. Indonesia, IPS)
Bahasa Indonesia
·
Guru
memberi contoh cara membaca yang baik dan benar
·
Siswa
disuruh membaca bacaan yang agak panjang dengan huruf intensif
(seorang-seorang)
IPS
·
Guru
menjelaskan pentingnya seseorang memiliki semangat kerja
·
Siswa
menjelaskan akibat dari tidak memiliki semangat kerja
Minggu II
ý Pertemuan pertama : 6 x 35
menit (IPA, PKn, Matematika)
IPA
·
Guru
bertenya jawab dengan siswa tentang manfaat angin
·
Guru
menjelaskan selain angin bermanfaat, angin juga merugikan
·
Siswa
memberi salah satu contoh angin yang merugikan
PKn
·
Guru
bercerita tentang kehidupan di pantai
·
Siswa
menarik kesimpulan dari cerita itu tentang apa yang dihasilkan laut, bagaimana
memelihara kekayaan laut
Matematika
·
Guru
memberikan contoh tentang menentukan nilai pecahan melalui gambar
·
Siswa
menentukan nilai pecahan melalui gambar
ý
Pertemuan kedua : 6 x 35
menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
Bahasa Indonesia
·
Guru
memberikan 3 buah gambar secara acak
·
Siswa
mengurutkan 3 buah gambar
·
Siswa
menyusun karngan berdasarakan gambar tersebut
·
Siswa
menulis kalimat berita dengan benara
·
Siswa
memilih kalimat berita dengan benar
IPS
·
Guru
menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
·
Siswa
menarik kesimpulan dari ciri-ciri orang memiliki semangat kerja
Matematika
·
Guru
memberikan contoh tentang cara menentukan pecahan melalui gambar
·
Siswa
menentukan nilai pecahan melalui gambar
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit
(B. Indonesia, Matematika, IPA)
Bahasa Indonesia
·
Guru
memberikan sebuah teks bacaan
·
Siswa
dapat menyebutkan pokok-pokok pikiran dalam bacaan tersebut.
Matematika
·
Guru
memberikan gambar-gambar yang sudah ada nilai pecahannya
·
Siswa
disuruh mewarnai gambar tersebut sesuai dengan nilai pecahannya
IPA
·
Guru
memberi contoh kalau siang hari panas, jemuran bisa kering. Mengapa pakaian
basah bisa kering, dari mana sumbernya?
·
Siswa
memberi contoh yang lain berkaitan dengan sumber energi
·
Siswa
menyimpulkan apa yang dimaksud dengan energi berdasarakan contoh yang diberikan
ý
Pertemuan IV : 3 x 35
menit (B. Indonesia, IPS)
B. Indonesia
·
Guru
memberi tugas kepada siswa untuk mencari atau menulis berita yang dibacanya
dari media cetak
·
Siswa
sendiri-sendiri dapat menceritakan kembali tentang bencana alam yang ditulisnya
dari media cetak
IPS
·
Siswa
menyebutkan ciri-ciri orang yang jujur
·
Siswa
menyebutkan manfaat kejujuran
Minggu III
ý Pertemuan pertama : 6 x 35
menit (IPA, PKn, Matematika)
IPA
·
Guru
memberikan contoh : Ibu sedang memasak di dapur menggunakan kompor minyak
tanah.
·
Siswa
memberikan contoh-contoh yang lain yang berkaitan dengan sumber energi dan
pemanfaatannya
PKn
·
Guru
menjelaskan hasil-hasil kekayaan sungai
·
Guru
menjelaskan maksud tanaman palawija
·
Siswa
menyebutkan tanaman palawija yang biasa ditanam di Indonesia
Matematika
·
Guru
memebrikan gambar-gambar tersebut sesuai dengan pecahannya
·
Siswa
diminta mewarnai gambar tersebut sesuai dengan nilai pecahannya
ý Pertemuan II : 6 x 36 menit
(B. Indonesia, IPS, Matematika)
Bahasa Indonesia
·
Guru
memberikan sebuah gambar
·
Siswa
membuat karangan sendiri sesuai dengan gambar yang dilihatnya
IPS
·
Guru
memberikan ilustrasi bagaimana akibatnya orang yang tidak jujur dalam bekerja
·
Siswa
menyebutkan ciri-ciri orang yang jujur
Matematika
·
Siswa
membuat gambar sesuai dengan nilai pecahannya
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit
(B. Indonesia, Matematika, IPA)
Bahasa Indonesia
·
Guru
membagi kelompok sesuai dengan jumlah peran yang ada di teks drama
·
Tiap
kelompok melakukan percakapan sesuai dengan teks drama yang dibacanya
Matematika
·
Guru
memberikan gambar-gambar sudah ada nilai pecahannya
·
Siswa
diminta mewarnai gambar tersebut sesuai nilai pecahannya
·
Siswa
membuat gambar sesuai dengan nilai pecahannya
IPA
·
Guru
menjelaskan alasan perlunya berhemat energi
·
Siswa
memberikan contoh penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari
ý
Pertemuan IV : 3 x 35
menit (B. Indonesia, IPS)
Bahasa Indonesia
·
Guru
memberikan contoh suatu pernyataan, kemudian memberikan tanggapan terhadapan
pernyataan tersebut
·
Siswa
diberi tugas untuk mengemukakan pendapat secara tertulis terhadap suatu
penyataan.
IPS
·
Guru
bertanya jawab dengan siswa tentang ciri-ciri orang yang jujur
·
Siswa
mengemukakan keuntungan orang yang memiliki sifat jujur dalam kehidupan
sehari-hari
C. Kegiatan Akhir
1. Guru
mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
2. Siswa
mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
3. Siswa
mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru
4. Guru
memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
5. Guru
dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan
III. ALAT DAN
SUMBER BELAJAR
A. Sumber Belajar :
1. Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
2. Buku IPA
3. Buku Matematika
4. Buku Bahasa Indonesia
5. Buku IPS
6. Ensiklopedia
7. Kamus Bahasa Indonesia
8. Pedoman EYD
9. Koran dan Majalah
10. Media elektronik
B. Alat Peraga:
1. Gambar-gambar baju daerah
2. Gambar-gambar rumah ibadah
3. Gambar-gambar rumah adat
4. Kompas
5. Kincir angin
6. Globe
7. Uang kartal dan uang giral
7. Uang kartal dan uang giral
8. Tabel perbelanjaan
9. Puisi
10. Drama
11. Bangun datar
12. Busur derajat
IV. PENILAIAN
1. Teknik Tes
Tes dan non tes
2. Bentuk Tes
Lisan :
1. Keberanian
menjawab dan menyampaikan pendapat
2. Ketepatan
menjawab
3. Keseriusan
dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
Tertulis :
1. Isian
2. Pilihan
Ganda
3. Uraian
4. Tes
perbuatan
3. Instrumen Tes
1. LKS
2. Lembar observasi
V. MATERI POKOK
1. PKn
§
Kekayaan
alam Indonesia
§
Harga
diri
§
Kebanggaan
sebagai bangsa Indonesia
2. IPS
§
Jenis-jenis
pekerjaan
§
Semangat
kerja
§
Jual
beli
§
Uang
§
Pengelolaan
uang
3. IPA
§
Energi
§
Gerak
benda
§
Kenampakan
permukaan bumi
§
Cuaca
§
Pengaruh
Cuaca terhadap kehidupan
§
Kelestarikan
dan pemeliharaan alam
4. Matematika
§
Pecahan
§
Bangun
datar
§
Sudur
§
Persegi
dan persegi panjang
5. Bahasa Indonesia
§
Menanggapi
cerita
§
Menirukan
dialog
§
Menceritakan
peristiwa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar