Rabu, 11 April 2012

RPP IPA KELAS 5 SD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                       MATA PELAJARAN      : IPA
                                       KELAS / SEMESTER     : V / II
                                       ALOKASI WAKTU        : 4 X 35 menit (2 Pertemuan)

STANDAR KOMPETENSI   :
      5.   Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi serta fungsinya.

KOMPETENSI DASAR        :
5.1 Mendeskripsikan antara gaya, gerak, dan energi melalui percobaan
1.2   cara tumbuhan hijau membuat makanan
INDIKATOR
-          Mengelompokan benda-benda yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis
-          Memberikan contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari
 


I.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah selesai melaksanakan pembelajaran siswa dapat :
  1. Menceritakan istilah magnet bersal dari kata magnesia
  2. Mengelompokkan istilah magnet berasal dari kata magnetis dan yang tidak magnetis
  3. Memberikan contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari

II.   Materi Ajar
-          Istilah magnet berasal dari kata magnesia yaitu nama sebuah daerah kecil di Asia
-          Magnet menarik benda-benda yang yang terbuat dari logam         besi, nekel, atau kobalt. Dinamakan benda magnetis
-          Kekuatan gaya tarik magnet dengan benda magnetis dan jarak magnet yang paling kuat terletak dibagian kutupnya

III. METODE PEMBELAJARAN
1.      Pengamatan/observasi
2.      Diskusi
3.      Tugas

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I
A.      Kegiatan Awal (5 menit)
Memotivasi siswa dengan menunjukkan beberapa magnet dan benda lain yang bukan magnet

B.      Kegiatan Inti (40 menit)
1         Siswa membaca buku tentang gaya, gaya magnet
2         Menyimpulkan benda yang dapat ditarik maupun yang tidak
3         Membuat kelompok, tiap kelompok diberi LKS 1 dan mengamati benda-benda tadi lalu menulis di kolom
4         Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru menulis butir-butir penting

C.      Kegiatan Akhir (25 menit)
1.      Mengadakan evaluasi
2.      Siswa diberi tugas tentang benda magnetis




Pertemuan 2
A.   Kegiatan Awal (10 menit)
Mengingat pelajaran magnet dan mengadakan tanya jawab, menunjukkan benda-benda disekitar

B.      Kegiatan Inti (40 menit)
1.      Meminta siswa membaca buku tentang kekuatan gaya magnet
2.      Siswa duduk berkelompok sesuai kelompoknya dan menyiapkan alat yang diperlukan
3.      Guru membagi LKS 2, membimbing dan memfasilitasinya
4.      Mengkomonikasikan dan menyimpulkan hasil pekerjaan

C.   Kegiatan Akhir (20 menit)
1.      Mengadakan evaluasi
2.      Siswa diberi tugas tentang benda magnetis

V.   SUMBER / ALAT
1.   Alat :  magnet, paku, jarum, lidi, pencil dsb

VI.  PENILAIAN
Tertulis
Lisan
Proyek



















Pertemuan 1

Isilah
1.      Magnet dapat menarik benda-benda yang terbuat dari .....
2.      Istilah magnet berasal dari kata .....
3.      Gaya yang ditimnulkan oleh tarikan magnet disebut .....
4.      Berdasarkan asal usulnya, magnet dibedakan menjadi dua jenis yaitu .....
5.      Benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet disebut .....

Kunci
1.      Logam
2.      Magnesia
3.      Gaya magnet
4.      Magnet alam dan magnet buatan
5.      Magnesia


LKS 1
Benda yang dapat ditarik magnet dan tidak
No
Nama benda
Bahan benda
Keadaan benda terhadap magnet
Dapat ditarik
Tidak dapat ditarik
1
2
3
4
5
6
Jarum
Kawat tembaga
Sendok stanlais
Buku
Pencil
.....



Kesimpulan :


Kunci
No
Nama benda
Bahan benda
Keadaan benda terhadap magnet
Dapat ditarik
Tidak dapat ditarik
1
2
3
4
5
6
Jarum
Kawat tembaga
Sendok stanlais
Buku
Pencil
…..
Besi
Tembaga
Stanlais
Kayu
Kayu
…..


Kesimpulan :

Pertemuan 2

Isilah !
1.      Permukaan benda yang kasar akan memperbesar gaya …..
2.      Magnet yang dibuat dengan cara aliran listrik disebut .....
3.      Logam yang digunakan untuk membuat magnet adalah ..... dan .....
4.      Magnet memiliki dua kutub yaitu ..... dan .....
5.      Dua kutub magnet yang senama akan ..... dan dua kutub magnet yang tidak senama akan ....



Kunci
1.      Gesek
2.      Elektromagnet
3.      Besi dan baja
4.      Utara dan selatan
5.      Tolak menolak-tarik menarik


Format Penilaian Sikap
No
Aspek penilaian
Skor yang mungkin dinilai
Skor penilaian
1
2
3
4

Kecepatan kelompok
Ketepatan bahan
Kerja sama
Kecepatan membuat kesimpulan
0-20
0-20
0-20
0-40


Nilai ==






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                       MATA PELAJARAN      : IPA
                                       KELAS / SEMESTER     : V / II
                                       ALOKASI WAKTU        : 2 X 35 menit (2 Pertemuan)

STANDAR KOMPETENSI              :
      5.   Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi serta fungsinya.

KOMPETENSI DASAR                  :
5.1 Mendeskripsikan antara gaya, gerak, dan energi melalui percobaan
1.3   cara tumbuhan hijau membuat makanan
INDIKATOR
-     Dapat membuat magnet sendiri
-     Membandingkan kecepatan jauh dari dua benda
-     membandingkan gerak benda pada permulaan yang berbeda (kasar dan yang halus)
 


I.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah selesai melaksanakan pembelajaran siswa dapat :
  1. Dapat membuat magnet sendiri
  2. Membandingkan kecepatan jauh dari dua benda
  3. Menjelaskan cara pembuatan magnet
  4. Membandingkan gerak benda pada permukaan yang berbeda

II.   Materi Ajar
-          Magnet memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan
-          Dua kutub magnet yang senama akan tolak menolak. Dua kutub magnet yang tidak senama akan tarik menarik
-          Magnet digunakan berbagai macam peralatan mulai yang sederhana sampai yang rumit
-          Ada tiga cara perbuatan magnet yaitu cara induksi, gosokan dan alirkan listrik
-          Gerak jatuh benda dipengaruhi oleh gaya gravitasi dan gaya gsekan antara benda tersebut dengan udara

III. METODE PEMBELAJARAN
1.      Diskusi
2.      Tanya jawab
3.      Pemberian tugas

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan I

A.      Kegiatan Awal (5 menit)
Mengadakan tanya jawab tentang magnet

B.      Kegiatan Inti (40 menit)
1.      Siswa membaca buku siswa tentang gaya gravitasi dan gaya inti
2.      Mengamati benda yang ada disekitar dengan mempraktekan gaya gesk, gravitasi
3.      Mendiskusikan hasil percobaan tadi dalam LKS
4.      Membuat kesimpulan

C.      Kegiatan Akhir (25 menit)
1.      Mengadakan evaluasi
2.      Menulis tugas membuat data tentang magnet

Pertemuan 2
A.      Kegiatan Awal
Mengadakan tanya jawab


B.      Kegiatan Inti
1.      Menceritakan pengalaman tentang magnet, gaya gravitasi dan gaya gesek
2.      Mengamati dan mencoba membuat gaya gesekan dan gaya gravitasi
3.      Berdiskusi bersama kelompok dari soal
4.      Membuat kesimpulan

C.      Kegiatan Akhir (25 menit)
1.      Mengadakan evaluasi
2.      Siswa diberi tugas menulis data tentang gaya gesek dan gaya magnet.

V    SUMBER / ALAT
1. Sumber : Buku IPA Kelas V
2. Alat : Batu, sepatu dan benda disekitar

VI.  PENILAIAN
Tes lisan
Tes proyek
Tes tulis












Pertemuan 1
Isilah
1.      Selain magnet alam juga magnet .....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar