Rabu, 11 April 2012

RPP SAINS KELAS 6 SD


Mata Pelajaran              : SAINS
Materi Pokok                 : Ciri-ciri khusus makhluk hidup
Pertemuan / waktu         : Pertama  / 2 x 30 menit
Metode                         : Ceramah

A.      Kompetensi Dasar
1.1   Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya

B.      Indikator
o        Mencari contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak
o        Mendeskripsikan cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar)

C.      Materi Essensial
Ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan. Hlm.2

D.      Media Belajar
o        Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI
o        Buku atau majalah

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1.       Pendahuluan
o        Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)

2.       Kegiatan Inti
o        Memahami peta konsep tentang makhluk hidup
o        Mempelajari alat pendeteksi benda pada kelelawar (ekolokasi)
-    Memancarkan bunyi dari mulutnya,
-    bunyi tersebut akan dipantulkan oleh benda disekitarnya,
-    selanjutnya kelelawar dapat memperkirakan jarak benda tersebut dari bunyi yang kembali padanya
o        Mempelajari Kaki lengket pada cecak dan tokek.
-    Telapak kaki tokek mempunyai lapisan berupa struktur seperti rambut yang lengket
o        Mempelajari Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut


(50 menit)

3.       Penutup
o        Memberikan kesimpulan
-    Kelelawar mencari makan dimalam hari dengan memanfaatkan pantulan bunyi
-    Cecak dan tokek merayap di dinding karena mempunyai perekat
-    Bunglon dan landak semut menangkap mangsanya dengan lidah.


(5 menit)

4.       Pekerjaan Rumah
o        Tugas 1.1, 1.2, 1.3




Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,         
Guru Mata Pelajaran



(                                          )



Mata Pelajaran              : SAINS
Materi Pokok                 : Ciri-ciri khusus makhluk hidup
Pertemuan / waktu         : Kedua  / 2 x 30 menit
Metode                         : Ceramah

A.      Kompetensi Dasar
1.1   Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya

B.      Indikator
o        Mencari contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak
o        Mendeskripsikan cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar)

C.      Materi Essensial
Ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan.                       – Lanjutan –

D.      Media Belajar
o        Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
o        Mengulang materi pertemuan sebelumnya


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
o        Menagih tugas pertemuan sebelumnya
o        Mempelajari Punuk pada unta.
-    Unta ada yang memiliki satu punuk dan ada yang dua punuk
-    Punuk berisi lemakuntuk menyimpan cairan
-    Unta tidak berkeringat, dan hanya sedikit mengeluarkan kotoran
o        Mempelajari mata dan pendengaran yang tajam pada burung hantu.
-    Kedua mata burung terletak di bagian depan kepala, memiliki leher yang lentur
-    Pendengaran nya sangat tajam untuk menentukan lokasi mangsanya.
o        Mempelajari Semburan air ikan pemanah.
-    Menyemburkan air pada hewan yang sedang bergantung
o        Mempelajari Bentuk sederhana bunga karang (koral).
-    Menempel didasar laut dan menunggu datangnya mangsa.
-    Sisi tubuh bunga karang mempunyai lubang halus tempat masuknya air


(50 menit)

  1. Penutup
o        Memberikan kesimpulan :
-    Unta memiliki punuk untuk menyimpan lemak
-    Burung hantu menggunakan mata dan telinga untuk mecari mangsa
-    Ikan pemanah menyemburkan air untuk menangkap mangsanya.
-    Bunga karang enempel di dasar laut dan menunggu datangnya mangsa


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
o        Tugas 1.4



Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar