Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Ciri-ciri khusus makhluk hidup
Pertemuan / waktu :
Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah
A.
Kompetensi Dasar
1.1
Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang
dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya
B.
Indikator
o
Mencari contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk
memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak
o
Mendeskripsikan cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya,
misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar)
C.
Materi Essensial
Ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan. Hlm.2
D.
Media Belajar
o
Buku SAINS SD
Haryanto Erlangga Kelas VI
o
Buku atau majalah
E.
Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1.
Pendahuluan
o
Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
|
(5 menit)
|
2.
Kegiatan Inti
o
Memahami peta konsep tentang makhluk hidup
o
Mempelajari alat pendeteksi benda pada kelelawar
(ekolokasi)
-
Memancarkan bunyi dari mulutnya,
-
bunyi tersebut akan dipantulkan oleh benda disekitarnya,
-
selanjutnya kelelawar dapat memperkirakan jarak benda
tersebut dari bunyi yang kembali padanya
o
Mempelajari Kaki lengket pada cecak dan tokek.
-
Telapak kaki tokek mempunyai lapisan berupa struktur
seperti rambut yang lengket
o
Mempelajari Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon
dan landak semut
|
(50 menit)
|
3.
Penutup
o
Memberikan kesimpulan
-
Kelelawar mencari makan dimalam hari dengan memanfaatkan
pantulan bunyi
-
Cecak dan tokek merayap di dinding karena mempunyai
perekat
-
Bunglon dan landak semut menangkap mangsanya dengan lidah.
|
(5 menit)
|
4.
Pekerjaan Rumah
o
Tugas 1.1, 1.2, 1.3
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok :
Ciri-ciri khusus makhluk hidup
Pertemuan / waktu :
Kedua / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah
A.
Kompetensi Dasar
1.1
Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang
dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya
B.
Indikator
o
Mencari contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk
memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak
o
Mendeskripsikan cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya,
misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar)
C.
Materi Essensial
Ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan. – Lanjutan –
D.
Media Belajar
o
Buku SAINS SD
Haryanto Erlangga Kelas VI
E.
Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
o
Mengulang materi pertemuan sebelumnya
|
(5 menit)
|
o
Menagih tugas pertemuan sebelumnya
o
Mempelajari Punuk pada unta.
-
Unta ada yang memiliki satu punuk dan ada yang dua punuk
-
Punuk berisi lemakuntuk menyimpan cairan
-
Unta tidak berkeringat, dan hanya sedikit mengeluarkan
kotoran
o
Mempelajari mata dan pendengaran yang tajam pada burung
hantu.
-
Kedua mata burung terletak di bagian depan kepala, memiliki
leher yang lentur
-
Pendengaran nya sangat tajam untuk menentukan lokasi
mangsanya.
o
Mempelajari Semburan air ikan pemanah.
-
Menyemburkan air pada hewan yang sedang bergantung
o
Mempelajari Bentuk sederhana bunga karang (koral).
-
Menempel didasar laut dan menunggu datangnya mangsa.
-
Sisi tubuh bunga karang mempunyai lubang halus tempat
masuknya air
|
(50 menit)
|
o
Memberikan kesimpulan :
-
Unta memiliki punuk untuk menyimpan lemak
-
Burung hantu menggunakan mata dan telinga untuk mecari
mangsa
-
Ikan pemanah menyemburkan air untuk menangkap mangsanya.
-
Bunga karang enempel di dasar laut dan menunggu datangnya
mangsa
|
(5 menit)
|
o
Tugas 1.4
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
(
)
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar