Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Tema Hiburan
( 3 )
Kelas 2 Semester 1
Alokasi
waktu 3 minggu
Standar Kompetensi :
1. PKn
- Membiasakan hidup bergotong royong
2. IPS
·
Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara
kronologis.
3. IPA
·
Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan
tumbuhan, pertumbuhan hewan dan
tumbuhan serta berbagai tempat
hidup makhluk hidup.
4. Matematika
·
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
5. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·
Memahami
teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara
·
Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman
secara lisan melalui kegiatan bertanya,
bercerita dan deklamasi.
Membaca
·
Memahami
teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis
·
Menulis
permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
6. Seni Budaya Keterampilan
- Seni Musik : Mengapresiasi karya seni musik
Mengekpresikan diri melalui karya seni
musik.
- Seni Tari : Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.
Kompetensi Dasar
:
1. PKn
·
Melaksanakan
hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah.
- Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam
2. IPS
- Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita.
·
Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga
secara kronologis
.3. IPA
·
Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan
disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
·
Mengidentifikasi cirri-ciri benda padat dan cair
yang ada di lingkungan sekitar.
·
Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dengan
kegunaanya melalui pengamatan.
.4. Matematika
·
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan sampai 500.
5. Bahasa Indonesia
- Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
·
Bertanya
kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun
berbahasa.
·
Menyimpulkan
isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·
Melengkapi
cerita sederhana dengan kata yang tepat.
·
Menulis
kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan
memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik.
6. Seni Budaya Keterampilan.
- Mengidentifikasi unsure musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilan benda bukan alat musik
- Menggerakkan tubuh secara spontan, mengikuti bunyi perangsang gerak.
Indikator :
1. PKn :
·
Membuat daftar kegiatan pembagian tugas di
rumah.
·
Melaksanakan piket di kelas.
·
Menjelaskan cara merawat tumbuhan dengan baik.
·
Menjelaskan
cara merawat hewan peliharaan di rumah.
2. IPS :
·
Menyebutkan jenis koleksi barang keluarga.
·
Menceritakan peristiwa yang menyenangkan di
rumah.
3. IPA :
·
Mengidentifikasi
buah yang berbiji banyak.
·
Mengidentifikasi
buah yang berbiji sedikit.
·
Mengelompokkan benda padat yang ada di
lingkungan sekitar.
·
Mengelompokkan benda cair yang ada di lingkungan
sekitar.
·
Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di
lingkungan kelas.
4. Matematika :
·
Membaca
symbol +, - , = dalam pengerjaan hitung bilangan.
·
Menggunakan symbol +, - , = dalam pengerjaan
hitung bilangan.
·
Mengubah kalimat pengurangan ke bentuk
penjumlahan.
·
Menjumlah
bilangan tanpa teknik menyimpan.
·
Menjumlah
bilangan denga satu kali teknik menyimpan.
·
Menyelesaikan
soal cerita yang berhubungan dengan
penjumlahan bilangan
·
Mengurangkan
bilangan tanpa teknik meminjam.
·
Mengurangkan
bilangan dengan menggunakan satu kali teknik meminjam.
·
Menyelesaikan
soal cerita yang berhubungan dengan
pengurangan bilangan.
·
Menyelesaikan soal hitung campuran .
·
Menyelesaikan soal hitung campuran dalam bentuk
cerita.
5. Bahasa Indonesia :
·
Mendengarkan pesan teks pendek yang dibisikan
oleh teman.
·
Menyempaikan pesan yang didengar pada orang
lain.
·
Menyimak cerita bacaan pendek.
·
Menceritakan
kembali isi teks bacaan dengan lisan.
·
Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan.
·
Menceritakan kegiatan
·
Memberi tanggapan pada kegiatan
·
Menyusun gambar
·
Menceritakan
gambar yang telah urut.
·
Menjawab pertanyaan
·
Menceritakan peristiwa.
·
Membaca teks dengan bersuara
·
Mengajukan pertanyaan bacaan.
·
Menceritakan kembali isi bacaan.
·
Meringkas isi bacaan.
·
Menyusun kalimat menjadi cerita.
·
Menulis
karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik.
·
Menulis
kalimat dengan bentuk huruf yang indah
·
Menulis pengalaman sendiri
·
Menyusun kata menjadi kalimat
·
Membuat kalimat.
·
Menyalin
kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
·
Menuliskan
kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan
penggunaan huruf capital dan tanda titik
6 Seni
Budaya dan Keterampilan :
·
Menentukan sumber bunyi .
·
Membedakan kuat dan melemahnya bunyi dengan
gerakan / tepukan.
·
Menunjukkan kesesuai gerakan / tepukan dengan
rangkaian bunyi yang diperdengarkan.
·
Mendefinisikan nada.
·
Mendefinisikan irama.
·
Membedakan nada dan irama.]
·
Menunjukkan kesesuaina gerak dengan iringan
·
Menunjukkan kesesuaian gerak berpindah tempat
dengan ruang.
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat
:
·
Membuat
daftar kegiatan pembagian tugas di rumah.
·
Melaksanakan piket di kelas.
·
Menjelaskan cara merawat tumbuhan dengan baik.
·
Menjelaskan
cara merawat hewan peliharaan di rumah.
·
Menyebutkan jenis koleksi barang keluarga.
·
Menceritakan peristiwa yang menyenangkan di
rumah.
·
Mengidentifikasi
buah yang berbiji banyak.
·
Mengidentifikasi
buah yang berbiji sedikit.
·
Mengelompokkan benda padat yang ada di
lingkungan sekitar.
·
Mengelompokkan benda cair yang ada di lingkungan
sekitar.
·
Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di
lingkungan kelas.
·
Membaca
symbol +, - , = dalam pengerjaan hitung bilangan.
·
Menggunakan symbol +, - , = dalam pengerjaan
hitung bilangan.
·
Mengubah kalimat pengurangan ke bentuk
penjumlahan.
·
Menjumlah
bilangan tanpa teknik menyimpan.
·
Menjumlah
bilangan denga satu kali teknik menyimpan.
·
Menyelesaikan
soal cerita yang berhubungan dengan
penjumlahan bilangan
·
Mengurangkan
bilangan tanpa teknik meminjam.
·
Mengurangkan
bilangan dengan menggunakan satu kali teknik meminjam.
·
Menyelesaikan
soal cerita yang berhubungan dengan
pengurangan bilangan.
·
Menyelesaikan soal hitung campuran .
·
Menyelesaikan soal hitung campuran dalam bentuk
cerita.
·
Mendengarkan pesan teks pendek yang dibisikan
oleh teman.
·
Menyempaikan pesan yang didengar pada orang
lain.
·
Menyimak cerita bacaan pendek.
·
Menceritakan
kembali isi teks bacaan dengan lisan.
·
Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan.
·
Menceritakan kegiatan
·
Memberi tanggapan pada kegiatan
·
Menyusun gambar
·
Menceritakan
gambar yang telah urut.
·
Menjawab pertanyaan
·
Menceritakan peristiwa.
·
Membaca teks dengan bersuara
·
Mengajukan pertanyaan bacaan.
·
Menceritakan kembali isi bacaan.
·
Meringkas isi bacaan.
·
Menyusun kalimat menjadi cerita.
·
Menulis
karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik.
·
Menulis
kalimat dengan bentuk huruf yang indah
·
Menulis pengalaman sendiri
·
Menyusun kata menjadi kalimat
·
Membuat kalimat.
·
Menyalin
kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
·
Menuliskan
kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan
penggunaan huruf capital dan tanda titik
·
Menentukan sumber bunyi .
·
Membedakan kuat dan melemahnya bunyi dengan
gerakan / tepukan.
·
Menunjukkan kesesuai gerakan / tepukan dengan
rangkaian bunyi yang diperdengarkan.
·
Mendefinisikan nada.
·
Mendefinisikan irama.
·
Membedakan nada dan irama.]
·
Menunjukkan kesesuaina gerak dengan iringan
·
Menunjukkan kesesuaian gerak berpindah tempat
dengan ruang.
·
Maca kakawihan kalawan lafal jeung wirahma nu
hade.
·
Ngahariringkeun kakawihan boh sorangan, boh
babarengan.
·
Ngajelaskeun eusi kakawihan.
·
Maca wacana kakawihan jentre tur merenah
lentongna.
·
Ngajawab pananya
anu patali jeung eusi wacana kakawihan.
II. Materi
Ajar ( Materi Pokok ) :
·
Hidup
gotong royong.
·
Dokumen
pribadi dan keluarga
·
Peristiwa
penting.
·
Manfaat
dokumen.
·
Bagian
utama tumbuhan dan hewan
·
Sifat
benda
·
Perubahan
wujud benda
·
Oprasi
bilangan
·
Nilai
tempat.
·
Mengurutkan
bilangan.
·
Mendengarkan
teks pendek.
·
Percakapan
·
Melengkapi
kalimat.
·
Menulis
pengalaman
·
Menulis
kalimat dengan huruf indah
·
Unsur
musik
·
Gerakan
tari sesuai iringan.
·
Kawih.
·
Maca
wacana kakawihan.
III. Metoda Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya
jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian
tugas.
IV.
Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
·
Mengisi
daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·
Memperingatkan
cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·
Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Minggu ke 1
Pertemuan pertama :
3 x 35 menit ( Matematika, B. Indonesia)
·
Melalui
penjelasan guru, siswa dapat membaca simbol +, - , dan = dalam pengerjaan
hitung bilangan.
·
Dengan
penjelasan guru tentang permainan bisik pesan, siswa dapat mendenganrkan teks
pendek yang dibisikkan oleh teman.
·
Menyampaikan
pesan yang didengar pada orang lain.
·
Melalui
contoh dan penjekasan guru tentang kakawihan, siswa bisa membaca kakawihan
dengan lafal yang baik.
Pertemuan ke dua 2 x 35 menit
( Matematika,IPS)
·
Melalui
penjelasan guru, siswa dapat membaca simbol +, - , dan = dalam pengerjaan
hitung bilangan.
·
Melalui
pengamatan yang ditugaskan guru yang berhubungan dengan koleksi, siswa dapat
menyebutkan barang-barang koleksi yang dimiliki keluarga.
Peretemuan ke tiga 3 x 35
menit ( Matematika, , B Indonesia)
·
Melalui
penjelasan guru, siswa dapat membaca simbol +, - , dan = dalam pengerjaan
hitung bilangan.
·
Dengan
mendengarkan cerita yang disampaikan guru sehingga siswa dapat menceritakan
kembali isi teks yang dibacakan guru dengan lisan.
·
Melalui
contoh guru dan menyimak kakawihan , siswa bisa menyanyikan kakawihab
bersama-sama.
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit.
(
B. Indonesia, PKn )
·
Melalui
penjelasan dan cerita yang disampaikan guru, siswa mampu menceritakan kegiatan
dan memberikan tanggapan secara lisan.
·
Menjawab
pertanyaan pada cerita yang disampaikan teman.
·
Melalui
penjelasan guru, pengamatan dan diskusi sehingga siswa mampu membuat daftar
kegiatan pembagian tugas di rumah.
Pertemuan ke lima 4 x 35 menit ( B.Indonesia, IPS, IPA, Matematika )
·
Melalui
demontrasi , cerita dan penjelasan guru yang berhubungan dengan cerita
bergambar sehingga siswa mampu menyusun gambar dan menceritakan gambar yang
berurutan dengan kalimat yang sedrhana.
·
Dengan
pengamatan langsung yang ditugaskan guru, siswa mampu menjelaskan cara merawat
dan menjaga koleksi barang keluarga.
·
Melalui
pengamatan dan eksperimen sederhana sehingga siswa mampu mengidentifikasi buah
yang berbiji banyak.
·
Dengan
penjelasan guru tentang pengerjaan
hitung bilangan, siswa mampu mengubah kalimat pengurangan ke dalam bentuk
penjumlahan.
Pertemuan ke enam 5 x 35 menit
(Matematika, I. Indonesia, IPA, SBK )
- Melalui penjelasan guru tentang penjumlahan sehingga siswa mampu menghitung penjumlahan pada bilangan tanpa teknik menyimpan.
- Melalui penjelasan, cerita dan demontrasi siswa mampu menceritakan gambar dengan urut dan kalimat sederhana.
- Melalui peragaan yang didemontrasikan guru tentang musik, siswa mampu menentukan sumber bunyi.
- Mampu membedakan kuat dan melemahnya bunyi dengan gerakan / tepukan.
- Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian bunyi yang didengarkan..
Minggu ke 2
Pertemuan pertama 3 x 35
menit (Matematika, B. Indonesia)
·
Melalui
penjelasan guru tentang penjumlahan siswa mampu menghitung penjumlahan dengan
satu kali teknik menyimpan.
·
Dengan
mendengarkan cerita guru, siswa dapat
menjawab pertanyaan dan menceritakan peristiwa kepada teman.
·
Dengan
penjelasan gurudan memberi contoh hariring, sehingga siswa mampu menyanyikan
kakawihan secara individu maupun
klasikal.
Pertemuan
ke dua 2 x 35 menit
(Matematika, IPS )
·
Dengan
penjelasan dan mendemontrasikan tentang penjumlahan melalui soal cerita , siswa
dapat menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan penjumlahan bilangan.
·
Melalui
pengamatan yang ditugaskan guru yang berhubungan dengan koleksi keluarga, siswa
mampu menyebutkan jenis koleksi keluarga.
Pertemuan ke tiga a 3 x 35 menit
(Matematika, B. Indonesia)
·
Melalui
pemberian contoh dan penjelasan guru
yang berhubungan dengan penjumlahan dan pengurangan siswa dapat menyelesaikan
sosl cerita yang berhubungan dengan penjumlahan dengan satu kali teknik
menyimpan.
·
Melalui
peragaan / contoh dari guru sehingga siswa mampu membacakan teks dengan
bersuara lantang dan benar.
·
Dengan
mendengarkan contoh kakawihan yang dikawihkan guru, siswa bisa menjelaskan isi
kakawihan.
Pertemuan ke empat 2 x
35 menit (B. Indonesia, PKn )
·
Dengan
mendengarkan teks yang dibacakan guru, siswa mampu menjawab pertanyaan yang
diajukan kemudian menceritakan dan meringkas isi bacaan.
·
Melalui
penjelasan guru, pengamatan dan diskusi siswa mampu membuat daftar kegiatan
pembagian tugas di sekolah , kemudian melaksankananya pada piket di kelas.
Pertemuan ke lima 4 x
35 menit (B. Indonesia, IPS, IPA, Matematika )
·
Melalui
penjelasan guru tentang cara melengkapi
kalimat sehingga siswa mampu menyusun
kalimat menjadi cerita yang benar.
·
Melalui
pengamatan langsung yang ditugaskan guru sehingga siswa mampu
menyebutkan koleksi barang keluarga dan cara merawatnya
·
Malalui
pengamatan dan eksperimen sederhana siswa mampunmembuat daftar data tentang buah yang berbiji banyak dan berbiji
sedikit .
·
Dengan
penjelasan dan pemberian contoh dari guru, siswa mampu menyelesaikan soal
pengurangan tanpa teknik meminjam.
Pertemuan ke enam 5 x 35
menit (Matematika, B. Indonesia, IPA,
SBK )
·
Melalui
pemberian contoh dan penjelasan guru, yang berhubungan dengan pengurangan,
siswa mampu menyelesaikan soal pengurangan tanpa teknik meminjam dengan cara
bersusun pendek.
·
Dengan
penjelasan guru yang berhubungan dengan karangan pendek, siswa mampu menuliskan
karangan pendek dengan membubuhi tanda titik.
·
Melalui
pengamatan dan demontrasi siswa dapat mengelompokkan benda padat yang ada di
lingkungan sekitar.
·
Melalui
pengamatan yang berhubungan dengan seni
musik siswa mampu mendefinisikan nada, mendefinisikan irama, membedakan nada
dan irama.
Minggu ke 3
Pertemuan pertama 3 x
35 menit (Matematika, B. Indonesia)
·
Melalui
penjelasan guru dan pemberian contoh yang berhubungan dengan pengurangan siswa
mampu menghitung pengurangan dengan teknik satu kali meminjam.
·
Melalui
contoh guru, tentang cara melengkapi kalimat siswa mampu menuliskan kalimat
dengan bentuk huruf yang indah.
·
Dengan
contoh dan peragaan guru tentang cara membaca kakawihan, sehingga siswa mampu
membaca wacana kakawihan dengan baik dan
benar.
Pertemuan ke dua 2 x
35 menit (Matematika, IPS )
·
Melalui
penjelasan guru dan pemberian contoh,
tentang pengurangan , siswa mampu menghitung pengurangan dengan teknik satu
kali meminjam dengan bersusun panjang.
·
Melalui
pengalaman siswa yang pernah dialami, siswa mampu menceritakan pengalaman
peristiwa yang menyenangkan di rumah secara kronologis.
Pertemuan ke tiga 3 x 35
menit (Matematika, B. Indonesia)
·
Dengan
peragaan dan penjelasan guru tentang pengurangan , siswa mampu menyelesaikan
soal cerita yang berhubungan dengan pengurangan bilangan.
·
Melalui
contoh dan penjelasan guru tentang penulisan cerita sederhana sehingga siswa
mampu menuliskan pengalaman sendiri
dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·
Melalui
membaca wacana kakawihan secara bersama yang dicontohkan guru, sehingga siswa
mampu menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan isi wacana kakawihan.
Pertemuan ke empat 2 x
35 menit (B.Indonesia, PKn)
·
Dengan
penjelasan guru tentang penulisan kalimat, siswa mampu menyusun kata menjadi
kalimat dengan benar.
·
Menyalin
kalimat dengan menggunakan huruf sambung.
·
Melalui
penjelasan guru, pengamatan dan melakukan langsung, sehingga siswa mampu
menjelaskan cara merawat tumbuhan dan hewan
peliharaan di rumah.
Pertemuan ke lima 4 x 35 menit
(B. Indonesia, IPS, IPA, Matematika )
·
Dengan
penjelasan guru tentang penulisan kalimat yang benar, siswa mampu melihat
kalimat dengan tulisan yang dapat terbaca oleh orang lain.
·
Melalui
pengalamn yang dialami , siswa menceritakan perististiwa yang menyenangkan di
sekolah.
·
Melalui
pengamatan dan penjelasan guru, siswa mampu mengelompokkan benda cair yang ada
di lingkungan sekitar.
·
Dengan
pemberian contoh dan penjelasan guru tentang penjelasan dan pengurangan, siswa
mampu menghitung/ menyelesaikan soal hitung campuran.
Pertemuan ke enam 5 x 35 menit
(Matematika, B. Indonesia, IPA, SBK )
·
Melalui
peragaan dan penjelasan guru tentang penjumlahan dan pengurangan , siswa dapat
menyelesaikan soal hitung campuran dalam bentuk cerita.
·
Dengan
penjelasan guru tentang penulisan
kalimat sedehana yang didiktekan guru,
siswa mampu menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf
sambung dan memperjhatikan huruf kapital dan tanda titik.
·
Melalui
penjelasan guru dan diskusi sederhana ,
siswa mampu menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan sekitar
kelas.
tq ya....izin copy
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus