Selasa, 10 April 2012

RPP TEMATIK KELAS 2 SD


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik

Tema  Hiburan  ( 3 )
Kelas  2 Semester 1
Alokasi waktu 3 minggu

Standar Kompetensi :
1. PKn                                    
  • Membiasakan hidup bergotong royong
2. IPS                                     
·        Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
3. IPA                                     
·      Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.
4. Matematika                         
·        Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
5. Bahasa Indonesia                 

Mendengarkan                  
·        Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara                          
·        Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca                          
·        Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis                             
·         Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
6. Seni Budaya  Keterampilan 
  • Seni Musik                   :  Mengapresiasi karya seni musik
                                             Mengekpresikan diri melalui karya seni musik.
  • Seni Tari                       :  Mengekspresikan diri melalui  karya seni rupa.


Kompetensi Dasar  :

1.   PKn
·        Melaksanakan hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah.
  • Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam
2.   IPS
  • Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita.
·        Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis

.3.   IPA
·        Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
·        Mengidentifikasi cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar.
·         Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dengan kegunaanya melalui pengamatan.
.4.   Matematika
·        Melakukan penjumlahan dan pengurangan sampai 500.

5.      Bahasa Indonesia
  • Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
·        Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
·        Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·        Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
·        Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik.

6.   Seni Budaya Keterampilan.
  • Mengidentifikasi unsure musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilan benda bukan alat musik
  • Menggerakkan tubuh secara spontan, mengikuti bunyi perangsang gerak.



  Indikator  :

1.      PKn :
·        Membuat daftar kegiatan pembagian tugas di rumah.
·        Melaksanakan piket di kelas.
·        Menjelaskan  cara merawat tumbuhan dengan baik.
·        Menjelaskan cara merawat hewan peliharaan di rumah.

2.   IPS :
·        Menyebutkan jenis koleksi barang keluarga.
·        Menceritakan peristiwa yang menyenangkan di rumah.
3.   IPA  :

·        Mengidentifikasi  buah yang berbiji banyak.
·        Mengidentifikasi  buah yang berbiji sedikit.
·        Mengelompokkan benda padat yang ada di lingkungan sekitar.
·        Mengelompokkan benda cair yang ada di lingkungan sekitar.
·        Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan kelas.


4.    Matematika  :

·        Membaca symbol +, - , = dalam pengerjaan hitung bilangan.
·        Menggunakan symbol +, - , = dalam pengerjaan hitung bilangan.
·        Mengubah kalimat pengurangan ke bentuk penjumlahan.
·        Menjumlah bilangan tanpa teknik menyimpan.
·        Menjumlah bilangan denga satu kali teknik menyimpan.
·        Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan   dengan penjumlahan bilangan
·        Mengurangkan bilangan tanpa teknik meminjam.
·        Mengurangkan bilangan dengan menggunakan satu kali teknik meminjam.
·        Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan   dengan pengurangan  bilangan.
·        Menyelesaikan soal hitung campuran .
·        Menyelesaikan soal hitung campuran dalam bentuk cerita.

5.   Bahasa Indonesia  :

·        Mendengarkan pesan teks pendek yang dibisikan oleh teman.
·        Menyempaikan pesan yang didengar pada orang lain.
·        Menyimak cerita bacaan pendek.
·        Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan.
·        Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan.
·        Menceritakan kegiatan
·        Memberi tanggapan pada kegiatan
·        Menyusun gambar
·        Menceritakan gambar yang telah urut.
·        Menjawab pertanyaan
·        Menceritakan peristiwa.
·        Membaca teks dengan bersuara
·        Mengajukan pertanyaan bacaan.
·        Menceritakan kembali isi bacaan.
·        Meringkas isi bacaan.
·        Menyusun kalimat menjadi cerita.
·        Menulis karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik.
·        Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah
·        Menulis pengalaman sendiri
·        Menyusun kata menjadi kalimat
·        Membuat kalimat.
·        Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
·        Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik

6    Seni Budaya dan Keterampilan  :
·        Menentukan sumber bunyi .
·        Membedakan kuat dan melemahnya bunyi dengan gerakan / tepukan.
·        Menunjukkan kesesuai gerakan / tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan.
·        Mendefinisikan nada.
·        Mendefinisikan irama.
·        Membedakan nada dan irama.]
·        Menunjukkan kesesuaina gerak dengan iringan
·         Menunjukkan kesesuaian gerak berpindah tempat dengan ruang.




I.    Tujuan Pembelajaran  :
                        Siswa dapat  :

·        Membuat daftar kegiatan pembagian tugas di rumah.
·        Melaksanakan piket di kelas.
·        Menjelaskan  cara merawat tumbuhan dengan baik.
·        Menjelaskan cara merawat hewan peliharaan di rumah.
·        Menyebutkan jenis koleksi barang keluarga.
·        Menceritakan peristiwa yang menyenangkan di rumah.
·        Mengidentifikasi  buah yang berbiji banyak.
·        Mengidentifikasi  buah yang berbiji sedikit.
·        Mengelompokkan benda padat yang ada di lingkungan sekitar.
·        Mengelompokkan benda cair yang ada di lingkungan sekitar.
·        Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan kelas.
·        Membaca symbol +, - , = dalam pengerjaan hitung bilangan.
·        Menggunakan symbol +, - , = dalam pengerjaan hitung bilangan.
·        Mengubah kalimat pengurangan ke bentuk penjumlahan.
·        Menjumlah bilangan tanpa teknik menyimpan.
·        Menjumlah bilangan denga satu kali teknik menyimpan.
·        Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan   dengan penjumlahan bilangan
·        Mengurangkan bilangan tanpa teknik meminjam.
·        Mengurangkan bilangan dengan menggunakan satu kali teknik meminjam.
·        Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan   dengan pengurangan  bilangan.
·        Menyelesaikan soal hitung campuran .
·        Menyelesaikan soal hitung campuran dalam bentuk cerita.
·        Mendengarkan pesan teks pendek yang dibisikan oleh teman.
·        Menyempaikan pesan yang didengar pada orang lain.
·        Menyimak cerita bacaan pendek.
·        Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan.
·        Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan.
·        Menceritakan kegiatan
·        Memberi tanggapan pada kegiatan
·        Menyusun gambar
·        Menceritakan gambar yang telah urut.
·        Menjawab pertanyaan
·        Menceritakan peristiwa.
·        Membaca teks dengan bersuara
·        Mengajukan pertanyaan bacaan.
·        Menceritakan kembali isi bacaan.
·        Meringkas isi bacaan.
·        Menyusun kalimat menjadi cerita.
·        Menulis karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik.
·        Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah
·        Menulis pengalaman sendiri
·        Menyusun kata menjadi kalimat
·        Membuat kalimat.
·        Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
·        Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik
·        Menentukan sumber bunyi .
·        Membedakan kuat dan melemahnya bunyi dengan gerakan / tepukan.
·        Menunjukkan kesesuai gerakan / tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan.
·        Mendefinisikan nada.
·        Mendefinisikan irama.
·        Membedakan nada dan irama.]
·        Menunjukkan kesesuaina gerak dengan iringan
·         Menunjukkan kesesuaian gerak berpindah tempat dengan ruang.
·        Maca kakawihan kalawan lafal jeung wirahma nu hade.
·        Ngahariringkeun kakawihan boh sorangan, boh babarengan.
·        Ngajelaskeun eusi kakawihan.
·        Maca wacana kakawihan jentre tur merenah lentongna.
·         Ngajawab pananya  anu patali jeung eusi wacana kakawihan.


II. Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :

·        Hidup gotong royong.
·        Dokumen pribadi dan keluarga
·        Peristiwa penting.
·        Manfaat dokumen.
·        Bagian utama tumbuhan dan hewan
·        Sifat benda
·        Perubahan wujud benda
·        Oprasi bilangan
·        Nilai tempat.
·        Mengurutkan bilangan.
·        Mendengarkan teks pendek.
·        Percakapan
·        Melengkapi kalimat.
·        Menulis pengalaman
·        Menulis kalimat dengan huruf indah
·        Unsur musik 
·        Gerakan tari sesuai iringan.
·        Kawih.
·        Maca wacana kakawihan.

III.    Metoda Pembelajaran :
·        Ceramah
·        Diskusi.
·        Tanya jawab.
·        Demontrasi.
·        Pemberian tugas.

IV. Langkah-langkah pembelajaran :

A.  Kegiatan awal :
·        Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·        Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
·        Mengumpulkan tugas/ PR

B. Kegiatan inti   :

Minggu ke 1

      Pertemuan pertama  :  3  x 35 menit  ( Matematika, B. Indonesia)

·        Melalui penjelasan guru, siswa dapat membaca simbol +, - , dan = dalam pengerjaan hitung bilangan.

·        Dengan penjelasan guru tentang permainan bisik pesan, siswa dapat mendenganrkan teks pendek yang dibisikkan oleh teman.
·        Menyampaikan pesan yang didengar pada orang lain.

·        Melalui contoh dan penjekasan guru tentang kakawihan, siswa bisa membaca kakawihan dengan lafal yang baik.

      Pertemuan ke dua   2  x 35 menit  ( Matematika,IPS)

·        Melalui penjelasan guru, siswa dapat membaca simbol +, - , dan = dalam pengerjaan hitung bilangan.

·        Melalui pengamatan yang ditugaskan guru yang berhubungan dengan koleksi, siswa dapat menyebutkan barang-barang koleksi yang dimiliki keluarga.

Peretemuan ke tiga  3  x 35 menit ( Matematika, , B Indonesia)

·        Melalui penjelasan guru, siswa dapat membaca simbol +, - , dan = dalam pengerjaan hitung bilangan.
·        Dengan mendengarkan cerita yang disampaikan guru sehingga siswa dapat menceritakan kembali isi teks yang dibacakan guru dengan lisan.

·        Melalui contoh guru dan menyimak kakawihan , siswa bisa menyanyikan kakawihab bersama-sama.

Pertemuan ke empat  2 x 35 menit.  ( B. Indonesia, PKn )

·        Melalui penjelasan dan cerita yang disampaikan guru, siswa mampu menceritakan kegiatan dan memberikan tanggapan secara lisan.
·        Menjawab pertanyaan pada cerita yang disampaikan teman.

·        Melalui penjelasan guru, pengamatan dan diskusi sehingga siswa mampu membuat daftar kegiatan pembagian tugas di rumah.

      Pertemuan ke lima  4  x 35 menit ( B.Indonesia, IPS, IPA,  Matematika )

·        Melalui demontrasi , cerita dan penjelasan guru yang berhubungan dengan cerita bergambar sehingga siswa mampu menyusun gambar dan menceritakan gambar yang berurutan dengan kalimat yang sedrhana.

·        Dengan pengamatan langsung yang ditugaskan guru, siswa mampu menjelaskan cara merawat dan menjaga koleksi barang keluarga.


·        Melalui pengamatan dan eksperimen sederhana sehingga siswa mampu mengidentifikasi buah yang berbiji banyak.

·        Dengan penjelasan guru  tentang pengerjaan hitung bilangan, siswa mampu mengubah kalimat pengurangan ke dalam bentuk penjumlahan.

      Pertemuan ke enam  5 x 35 menit  (Matematika, I. Indonesia, IPA, SBK )

  • Melalui penjelasan guru tentang penjumlahan sehingga siswa mampu menghitung penjumlahan pada bilangan tanpa teknik menyimpan.

  • Melalui penjelasan, cerita dan demontrasi siswa mampu menceritakan gambar dengan urut dan kalimat sederhana.

  • Melalui peragaan yang didemontrasikan guru tentang musik, siswa mampu menentukan sumber bunyi.

  • Mampu membedakan kuat dan melemahnya bunyi dengan gerakan / tepukan.
  • Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian bunyi yang didengarkan..


Minggu ke 2


    Pertemuan pertama  3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia)

·        Melalui penjelasan guru tentang penjumlahan siswa mampu menghitung penjumlahan dengan satu kali teknik menyimpan.

·        Dengan mendengarkan cerita guru,  siswa dapat menjawab pertanyaan dan menceritakan peristiwa kepada teman.

·        Dengan penjelasan gurudan memberi contoh hariring, sehingga siswa mampu menyanyikan kakawihan secara  individu maupun klasikal.

      Pertemuan ke dua   2  x 35 menit  (Matematika, IPS )

·        Dengan penjelasan dan mendemontrasikan tentang penjumlahan melalui soal cerita , siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan penjumlahan bilangan.
·        Melalui pengamatan yang ditugaskan guru yang berhubungan dengan koleksi keluarga, siswa mampu menyebutkan jenis koleksi keluarga.

    Pertemuan ke tiga a   3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia)

·        Melalui pemberian  contoh dan penjelasan guru yang berhubungan dengan penjumlahan dan pengurangan siswa dapat menyelesaikan sosl cerita yang berhubungan dengan penjumlahan dengan satu kali teknik menyimpan.

·        Melalui peragaan / contoh dari guru sehingga siswa mampu membacakan teks dengan bersuara lantang dan benar.

·        Dengan mendengarkan contoh kakawihan yang dikawihkan guru, siswa bisa menjelaskan isi kakawihan.


     Pertemuan ke empat   2  x 35 menit  (B. Indonesia, PKn )

·        Dengan mendengarkan teks yang dibacakan guru, siswa mampu menjawab pertanyaan yang diajukan kemudian  menceritakan  dan meringkas isi bacaan.

·        Melalui penjelasan guru, pengamatan dan diskusi siswa mampu membuat daftar kegiatan pembagian tugas di sekolah , kemudian melaksankananya pada piket di kelas.


     Pertemuan ke lima    4  x 35 menit  (B. Indonesia, IPS, IPA,  Matematika )

·        Melalui penjelasan guru  tentang cara melengkapi kalimat sehingga siswa  mampu menyusun kalimat menjadi cerita yang benar.
·        Melalui pengamatan  langsung  yang ditugaskan guru sehingga siswa mampu menyebutkan koleksi barang keluarga dan cara merawatnya

·        Malalui pengamatan dan eksperimen sederhana siswa mampunmembuat daftar data  tentang buah yang berbiji banyak dan berbiji sedikit .

·        Dengan penjelasan dan pemberian contoh dari guru, siswa mampu menyelesaikan soal pengurangan tanpa teknik meminjam.

 Pertemuan ke enam   5  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia, IPA, SBK )

·        Melalui pemberian contoh dan penjelasan guru, yang berhubungan dengan pengurangan, siswa mampu menyelesaikan soal pengurangan tanpa teknik meminjam dengan cara bersusun pendek.

·        Dengan penjelasan guru yang berhubungan dengan karangan pendek, siswa mampu menuliskan karangan pendek dengan membubuhi tanda titik.

·        Melalui pengamatan dan demontrasi siswa dapat mengelompokkan benda padat yang ada di lingkungan sekitar.

·        Melalui pengamatan  yang berhubungan dengan seni musik siswa mampu mendefinisikan nada, mendefinisikan irama, membedakan nada dan irama.


Minggu ke 3

     Pertemuan pertama    3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia)

·        Melalui penjelasan guru dan pemberian contoh yang berhubungan dengan pengurangan siswa mampu menghitung pengurangan dengan teknik satu kali meminjam.

·        Melalui contoh guru, tentang cara melengkapi kalimat siswa mampu menuliskan kalimat dengan bentuk huruf yang indah.

·        Dengan contoh dan peragaan guru tentang cara membaca kakawihan, sehingga siswa mampu membaca  wacana kakawihan dengan baik dan benar.

Pertemuan ke dua   2  x 35 menit  (Matematika, IPS )

·        Melalui penjelasan guru  dan pemberian contoh, tentang pengurangan , siswa mampu menghitung pengurangan dengan teknik satu kali meminjam dengan bersusun panjang.

·        Melalui pengalaman siswa yang pernah dialami, siswa mampu menceritakan pengalaman peristiwa yang menyenangkan di rumah secara kronologis.



     Pertemuan ke tiga   3  x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia)
   
·        Dengan peragaan dan penjelasan guru tentang pengurangan , siswa mampu menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan pengurangan bilangan.

·        Melalui contoh dan penjelasan guru tentang penulisan cerita sederhana sehingga siswa mampu menuliskan pengalaman sendiri  dengan menggunakan huruf tegak bersambung.

·        Melalui membaca wacana kakawihan secara bersama yang dicontohkan guru, sehingga siswa mampu menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan isi wacana kakawihan.


     Pertemuan ke empat   2  x 35 menit  (B.Indonesia, PKn)

·        Dengan penjelasan guru tentang penulisan kalimat, siswa mampu menyusun kata menjadi kalimat dengan benar.
·        Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf sambung.

·        Melalui penjelasan guru, pengamatan dan melakukan langsung, sehingga siswa mampu menjelaskan cara merawat tumbuhan dan hewan  peliharaan di rumah.


     Pertemuan ke lima   4 x 35 menit  (B. Indonesia, IPS, IPA, Matematika )

·        Dengan penjelasan guru tentang penulisan kalimat yang benar, siswa mampu melihat kalimat dengan tulisan yang dapat terbaca oleh orang lain.

·        Melalui pengalamn yang dialami , siswa menceritakan perististiwa yang menyenangkan di sekolah.

·        Melalui pengamatan dan penjelasan guru, siswa mampu mengelompokkan benda cair yang ada di lingkungan sekitar.

·        Dengan pemberian contoh dan penjelasan guru tentang penjelasan dan pengurangan, siswa mampu menghitung/ menyelesaikan soal hitung campuran.

     Pertemuan ke enam   5 x 35 menit  (Matematika, B. Indonesia, IPA, SBK )

·        Melalui peragaan dan penjelasan guru tentang penjumlahan dan pengurangan , siswa dapat menyelesaikan soal hitung campuran dalam bentuk cerita.

·        Dengan penjelasan guru tentang  penulisan kalimat sedehana  yang didiktekan guru, siswa mampu menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperjhatikan huruf kapital dan tanda titik.

·        Melalui penjelasan guru dan diskusi  sederhana , siswa mampu menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan sekitar kelas.

2 komentar: